DOSEN = WASIT !?!


Dosen itu posisinya mirip seperti wasit pas penentuan nilai akhir mahasiswa. Dosen sudah berusaha semaksimal mungkin memberikan nilai dengan seadil-adilnya namun apa boleh dikata, ini realita, masih saja ada mahasiswa yang protes mirip seperti pemain liga Indonesia. Sudah jelas-jelas salah, protes lagi!! Duh!! Seandainya yang protes itu mahasiswa yang memang benar-benar layak protes, misalnya masuk terus, tugas, lengkap, kuis ikut, UTS+UAS hasilnya OK namun nilai akhir jelek, berarti sebagai dosen saya perlu meninjau ulang dan mahasiswa berhak bertanya.

images

Tapi, sebagian besar mahasiswa yang bertanya ke saya adalah mahasiswa yang berciri-ciri diantaranya nilai UTS+UAS jeblok, jarang masuk, tugas seadanya/ngatut kancane, kalo dikelas nggak fokus, ditanya nggak bisa jawab. Eeeeh, protes minta dinaikin nilainya.. Hmmmm, trus gue musti gimana coba?! Kadang mereka minta ujian susulan, tugas tambahan, ataupun memberikan alasan sudah semester tua lah, janji sama ibu nggak akan dapet nilai jelek lah, udah ngulang matkul yang sama beberapa kali lah, ibunya udah puasa buat dia lah, daaaan sebagainya (alasan-alasan nggak nyambung lainnya)..Mungkin mahasiswa dan pemain sepakbola di Indonesia perlu belajar dari sepakbola di luar negeri yang sebagian besar pemain menerima segala keputusan yang diberikan wasit tanpa banyak protes jika terbukti dia memang benar-benar salah.

Menurut hemat saya sih, saya sebagai dosen akan berusaha semaksimal mungkin memberikan hasil akhir berupa nilai yang bagus dengan catatan mahasiswa mau konsekuen dan komitmen dengan kuliahnya. Ditambah lagi, di awal atau akhir kuliah saya sering mengingatkan mahasiswa bahwa “HARAM HUKUMNYA BERTEMU DOSEN YANG SAMA DI MATAKULIAH YANG SAMA PULA”.
Perlu diketahui wahai mahasiswa sekalian, sebenarnya berapa nilai akhir itu salah satunya adalah anda yang menentukan dengan takdir Allah tentunya. Itu!!

Anyway, selamat dah buat mahasiswa-mahasiswa yang bisa membuat saya dan anda tersenyum bangga dengan nilai kalian yang memuaskan.. Dan untuk mahasiswa yang mendapat nilai yang kurang diharapkan, ingatlah bahwa ada hikmah dari apa yang sudah kalian dapatkan.. Paling enggak seandainya anda lupa dulu pernah ambil kuliah apa aja, anda bisa jawab “Ane dulu kuliah ambil hikmanya aja” :D.. Akhirnya sebagai dosen saya mengucapkan Selamat belajar, selamat berjumpa di mata kuliah lain di semester berikutnya!! 🙂 Sukses selalu !!

Advertisements

3 thoughts on “DOSEN = WASIT !?!

  1. alhamdulillah sya tdk brani melanggar dalil ini
    “HARAM HUKUMNYA BERTEMU DOSEN YANG SAMA
    DI MATAKULIAH YANG SAMA PULA”.
    smga manfaat 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s