Dan Aku pun Menjadi Seorang Ayah


27 September, 2013 siang hari ba’da Jum’atan di masjid kampus UTY. Aku ada jadwal mengajar jam setengah 1 siang. Seperti biasa aku bersiap-siap menuju ruangan akademik untuk mengambil absensi. Di tengah-tengah perjalanan menuju lantai 1, tiba-tiba HP pun bergetar dan kuangkat telpon dari istriku tercinta.. Istriku menyampaikan via telpon bahwa sudah ada tanda-tanda melahirkan.. Mendengar kabar dari istriku aku mencoba berusaha untuk tenang sambil menyampaikan ke petugas akademik bahwa kuliah diganti dengan tugas…

rskia-adinda

Akupun pulang ke rumah dan mempersiapkan semua keperluan istri plus makan siang dulu, hehe. Karena kepepet istriku maskain mie rebus spesial buatku. Katanya mumpung masih bisa masakin suami sebelum melahirkan, hehe. Siang itu sekitar jam 2 aku, istriku, ibu, dan nenekku pergi ke RSKIA Adinda tempat priksa rutin bulanan.

surat-lahir

Hmmm, setelah satu malam menginap di rumah sakit, pada tanggal 28 Septermber 2013 sekitar pk 05.15 pagi alhamdulillaah bayi mungil yang kami tunggu akhirnya lahir dengan selamat sentausa dan lucu tentunya..

Jujur aja nih, sebagai penyandang status ayah yang masih ‘newbie’ aku bingung anakku musti diapain.. Tapi Alhamdulillaah, sebelum proses kelahiran aku udah sempetin buat baca-baca tentang amalan apa aja yang bisa kita praktekkan ketika bayi lahir jadi paling nggak ada sedikit bekal ilmu lah ya.. Oya, lengkapnya tentang amalan yang berhubungan sama kelahiran bayi, silahkan temen-temen langsung aja dateng ke TKP-1 atau bisa juga ke TKP-2.

Oke deh, lanjut ke cerita berikutnya… Selang beberapa hari kemudian setelah itu, anakku masuk RS gara-gara kadar bilirubinnya terlalu tinggi yaitu sampai 20. Aku nggak paham maksudnya apa itu. Yang jelas ankku panas banget dan badannya sampe kuning. Hmm, sebagai ayah ‘newbie’ yang masih minim ilmu aku nggak pikir panjang buat ngikutin saran dokter untuk merujuk RS terdekat. Alhamdulillah setelah 3 hari nginep di RS anakku pun pulang dan sehat kembali.

tangan-umar

Eitt, ada yang kelewat.. Aqiqah!! Iya aqiqah. Nah, waktu itu pas hari ketujuh anakku bertepatan dengan waktu anakku dirawat di RS, tapi demi menjalankan sunnah Rasul shalallaahu ‘alaihi wa sallam aku sebagai bapaknya tetep berusaha membayar tebusan buat anakku berupa aqiqah. Waktu itu aku nggak pikir panjang langsung aja aku pesen penyedia kambing aqiqah dan langsung dimasakin sekalian dan dianter ke rumah. Alhamdulillaah semua lancar dan terbagi kepada tetangga dan saudara, meskipun nggak ada acara apapun di rumah yang penting sunnah terlaksana.. oiya, ngobrolin tentang aqiqah sobat sekalian bisa langsung cek di TKP-1 atau bisa juga di sini..

nota-aqiqah-rawat

Hari demi hari kulalui bersama istri dengan senang hati merawat ana pertamaku. Oiya, ada yang kelupaan.. Nama anakku Muhammad ‘Umar Hidayatullah, artinya? Kayanya udah pada ngerti deh, jadi nggak usah dijelasin di sini :p … Yang jelas Muhammad artinya orang yang terpuji, dan meniru nama Rasul shalallahu ‘alaihi wa sallam. ‘Umar ? kenapa kami pilih nama ‘Umar ? Jawabnya karena aku dan istri ngefans dan kagum sama ‘Umar bin Khattab radhiallahu ‘anhu dan’Umar bin Abdul ‘Aziz rahimahullah. Hidayatullah artinya petunjuk Allah. Nah, khusus nama belakang sebenernya itu nama keluarga yang udah dipake turun-temurun
sejak 1961 (halah! :D)… #loh kok malah dijelasin semuanya, yowislah udah terlanjur, hehe..

Ngomong-ngomong nih, kalo aku ditanya gimana rasanya menjadi seorang ayah, jawabannya adalah senang, haru, bangga, bingung, dan campur aduk’. Yang jelas perasaan pertama yang kurasakan hanya rasa syukur setelah mendengar tangisan anakku yang baru lahir ke dunia. Menjadi ayah adalah sebuah kenikmatan dan anugerah yang luar biasa dimana aku menyandang status yang di dalamnya memuat amanah yang begitu luar biasa dan di akhirat nanti aku pasti akan ditanya tentang amanah ini.

Sekian dulu ya ceritanya, semoga gelar ‘ayah’ bagiku bisa menjadi motivasi dan semangat buatku untuk menjadi orang yang lebih baik lagi dari yang sudah-sudah. Aamiin…

Leave a Reply

