Muhasabah


Kita hidup di dunia hanya singgah, bersiap-siap mengumpulkan bekal sebanyak-banyaknya untuk tujuan perjalanan akhir kita.

Kita hidup di dunia ini sedang menanti giliran untuk dipanggil menghadap Sang Khaliq.

Kita tak akan pernah tahu kapan, dimana, dan dalam keadaan bagaimana saat kita pergi menghadap-Nya.

30496_120529861317300_7576022_n

Oleh karena itu, sudah semestinya bagi siapapun yang menginginkan berjumpa dengan Allah dalam keadaan terbaik maka mulailah dari sekarang bertaubat dengan senantiasa mentauhidkan Allah dalam beribadah kepada-Nya dan melanggengkan amalan shalih.

Allah berfirman,

قُلْ إِنَّمَآ أَنَا۠ بَشَرٌ مِّثْلُكُمْ يُوحَىٰٓ إِلَىَّ أَنَّمَآ إِلٰهُكُمْ إِلٰهٌ وٰحِدٌ ۖ فَمَن كَانَ يَرْجُوا۟ لِقَآءَ رَبِّهِۦ فَلْيَعْمَلْ عَمَلًا صٰلِحًا وَلَا يُشْرِكْ بِعِبَادَةِ رَبِّهِۦٓ أَحَدًۢا

“ Katakanlah (wahai Muhammad): Sesungguhnya aku ini manusia biasa seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: “Bahwa sesungguhnya Sesembahan kamu itu adalah Sesembahan yang satu”. Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Rabbnya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadah kepada Rabbnya“. (QS. Al Kahfi: 110)

Advertisements

5 thoughts on “Muhasabah

  1. sesuatu yang pasti akan datang, akan tetapi kebanyakan manusia malah tidak mempersiapkannya dengan baik kedatangannya, semoga Allah mengampunis dosa kita, dan menerima taubat dan amalan kita yang amat sedikit ini.
    amien

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s