Hadits ke-1 Kitab Bulughul Maram Bab Air


بسم الله والحمد لله و الصلاة والسلام على رسول الله و على آله و اصحا به و من ثبعهم با حسان الى ىوم الدىن, اما بعد

Pada kali ini insya Allah akan dibahas tentang beberapa faidah yang dapat diambil dari kajian Kitab Bulughul Maram karangan Imam Ibnu Hajar Al ‘Asqalani yang disampaikan oleh Al Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal, S.T., M.Sc hafidzahullah. Disamping itu insya Allah juga ada sedikit tambahan dari penulis yang dinukilkan dari beberapa kitab ulama. Pada kesempatan kali ini, hadits yang akan dibahas adalah hadits yang teradapat dalam Kitab Thaharah pada Bab Air.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْبَحْرِ هُوَ الطَّهُورُ مَاؤُهُ الْحِلُّ مَيْتَتُهُ أَخْرَجَهُ الْأَرْبَعَةُ وَابْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَاللَّفْظُ لَهُ وَصَحَّحَهُ ابْنُ خُزَيْمَةَ وَالتِّرْمِذِيُّ وَرَوَاهُ مَالِكٌ وَالشَّافِعِيُّ وَأَحْمَدُ

Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda tentang (air) laut. “Air laut itu suci dan mensucikan, halal pula bangkainya”.

Hadits ini dikeluarkan oleh Imam Empat dan Ibnu Syaibah. Adapun Lafadz hadits menurut riwayat Ibnu Syaibah dan dianggap shahih oleh Imam Ibnu Khuzaimah dan Imam Tirmidzi, dan juga diriwayatkan oleh Imam Malik, Imam Syafi’i, dan Imam Ahmad.

Imam empat menurut Imam Ibnu Hajar Al ‘Asqalani adalah para imam selain Imam Ahmad, Imam Bukhori, dan Imam Muslim yaitu para pemilik Kitab Sunan (Imam Abu Dawud, Imam Tirmidzi, Imam, An Nasa’i, dan Imam Ibnu Majah). [1]

Hadits ini merupakan jawaban dari pertanyaan sebagaimana dalam Kitab Al Muwatha’ karangan Imam Malik. Bahwasannya Abu Hurairah radhiallahu’anhu berkata ,”Seorang laki-laki datang kepada Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam lalu bertanya : ‘Wahai Rasulullah, sesungguhnya kami biasa berlayar di laut dan kami membawa air hanya sedikit, jika kami menggunakannya untuk berwudhu maka kami akan kehausan, bolehkah kami berwudhu dengannya (dengan air laut) ? Lalu Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam menjawab : Ia (air laut) itu suci’ “. [2]

laut

Faidah hadits :

  1. Jika bingung ketika dihadapkan suatu masalah maka hendaknya bertanya kepada orang yang berilmu, dalam hal ini para shahabat menanyakan tentang hal-hal yang tidak mereka ketahui kepada Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam.
  2. Air laut merupakan air mutlak yang memiliki sifat الطهور (suci mensucikan) tanpa kecuali (semua air laut dihukumi suci).
  3. Baiknya Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam dalam menjawab pertanyaan dan memberikan jawaban kepada si penanya dimana Beliau shallallahu’alaihi wa sallam menjelaskan dengan jawaban yang singkat, jelas, dan mencakup beberapa aspek yang terkait dengan pertanyaan si penanya.
  4. Bolehnya menambah lebih dari jawaban yang diperlukan jika ada kebutuhan. Dalam hadits ini Rasul shallallahu’alaihi wa sallam menambahkan jawaban dengan menjelaskan bahwa bangkai air laut juga halal (الْحِلُّ مَيْتَتُهُ ). Padahal si penanya hanya menanyakan tentang boleh tidaknya menggunakan air laut untuk berwudhu.
  5. Kalimat الْحِلُّ مَيْتَتُهُ menjelaskan bahwa bangkai hewan yang hidup di laut atau air maka dihukumi halal. Berarti pula bahwa setiap hewan air yang hidup di air adalah halal tanpa kecuali.
  6. Bangkai hewan selain hewan yang hidup di laut (air) maka hukumnya haram dan bangkai yang dikhususkan kehalalannya hanyalah bangkai hewan yang hidup di air.
  7. Air jika tidak berubah dari hukum asalnya maka air tersebut dikatakan suci (air mutlak).
  8. Jika air mengalami perubahan karena ada ikan yang mati di dalamnya, maka air tetap dihukumi suci dan mensucikan karena bangkai hewan air adalah halal dan tidak dihukumi najis

Wallahu a’lam.

Sleman, 14 Juni 2013

Ahmad Fathan Hidayatullah, S.T.

Referensi :
[1] Bulughul Maram, Imam Ibnu Hajar Al ‘Asqalani
[2] Subulussalaam Syarah Bulughul Maram, Imam Ash Shan’ani

Advertisements

One thought on “Hadits ke-1 Kitab Bulughul Maram Bab Air

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s