Cara Mudah Dapatkan Rumah Mewah, Siapa Mau?


Dunia adalah fana’, kita hanya singgah di dalamnya untuk sementara. Sahabat, tak ada kata lain bagi kita kecuali senantiasa mempersiapkan diri dengan terus mengumpulkan bekal untuk kehidupan selanjutnya. Sebuah ajakan, refleksi, ataupun sedikit renungan untuk diri sang penulis dan siapapun yang membacanya yang menginginkan bangunan megah di jannah. Berbagai macam bentuk amalan yang telah diajarka kepada kita oleh baginda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang teramat special bagi kita. Tak sepantasnya kita mengacuhkan begitu saja jika kita mengaku sebagai pengikut beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam

Sahabat, lewat tulisan ini aku ingin berbagi tentang beberapa amalan kebaikan dengan balasan rumah di jannah. Kita pasti mendambakan sebuah keindahan surga berupa bangunan rumah dengan segenap kemewahan dan kemegahannya. Sebagaimana Allah telah janjikan kepada istri Fir’aun yang terekam jelas dalam surat At Tahrim : 11. Sahabat, berikut ini, beberapa amalan yang insya ALLAH bisa membantu kita agar kita bisa menyicil sebuah rumah di surga.

• Langkah kaki menuju masjid
“Barangsiapa menuju masjid pada waktu pagi hari atau sore hari maka Allah akan memberikan jamuan hidangan baginya di surga pada setiap pagi dan sore.” (HR. Al-Bukhari no. 148 dan Muslim no. 669)

• Shalat sunnah 12 rakaat sehari
“Seorang muslim yang shalat sunnah setiap hari sebnayak 12 rakaat dan bukan yang wajib demi mencari ridha Allah, Allah akan membangun rumah untuknya di jannah” (HR. Muslim, Abu Dawud , dan Nasa’i)

• Membangun masjid
“Barangsiapa membangun masjid –Bukair mengatakan, Aku rasa beliau mengatakan ,”karena mencari ridha Allah”, Allah akan membangun yang semisal untuknya di jannah” (HR. Bukhari dan Muslim)

• Mengisi kekosongan shaf
“Barangsiapa mengisi kekosongan (shaf shalat berjamaah), Allah akan membangun baginya rumah di jannah” (HR. At Thabrani dengan sanad “la ba’sa bihi” dishahihkan Al Albani dalam As Silsilah Ash Shahihah)

• Memberi makan, shaum, dan shalat malam
“Sesungguhnya di jannah ada ruangan yang isinya bisa terlihat dari luar, dan luarnya bisa terlihat dari dalam, yang Allah siapkan bagi orang yang member makan, rajin shaum, dan shalat malam saat orang terlelap tidur” (HR. Ibnu Khuzaimah, terdapat dlm Hsahihul Jami’ no 2123)

• Shalat dhuha
“Barangsiapa shalat dhuha dua rakaat, ia akan ditulis sebagai orang yang tidak masuk golongan orang-orang yang lalai, yang melaksanakan 4 rakaat akan ditulis sebagai golongan ahli ibadah, yang melaksanakan 6 rakaat akan dicukupkan kebutuhan pada hari itu, dan yang melaksanakan 8 rakaat akan dicatat sebagai orang yang taat, dan yang melaksanakan 12 rakaat akan dibangun rumah untuknya di jannah” (HR. At Thabrani, dihasankan oleh Syaikh Al Albani)

• Meninggalkan debat kusir
“Aku menjamin sebuah rumah di teras jannah bagi yang meninggalkan debat kusir meskipun dia dalam posisi benar, juga rumah di tengah jannah bagi siapa yang meninggalkan kedustaan meski hanya bergurau, dan rumah di puncak jannah bagi yang baik akhlaknya” (HR. Abu Dawud, Shahihul Jami’ no.1464)

• Berdoa saat masuk pasar
“Barangsiapa yang masuk pasar lalau mengucapkan “Laailaaha illallah wahdahu laa syariika lahu, lahul mulku walahul hamdu yuhyi wa yumiitu wa huwa hayyun laa yamuutu biyadihil khoiru wa huwa ‘alaa kulli syai`in qadiir”, akan ditulis baginya beribu-ribu kebaikan, dihapuskan darinya beribu-ribu kesalahan, diangkat derajadnya menjadi beribu-ribu derajad dan dibangun untuknya rumah di jannah” (Shahihul jami’ no.6231)

• Silaturahim dan menengok yang sakit
“Barangsiapa menengok orang sakit aka nada yang memanggil dari langit,’Engkau telah berbuat baik dan langkahmu telah bernar, engkau juga berhak atas sebuah rumah di jannah’” (HR. At Tirmidzi, Abu Dawud, dan Ibnu Majah)

• Berdoa ketia tertimpa musibah
“Jika anak seorang hamba meninggal, maka Allah bertanya kepada para malaikatnya, ‘Kalian telah mencabut nyawa anak hambaKu?’ Mereka menjawab, ‘Ya.’ Dia bertanya, ‘Kalian telah mengambil buah hatinya?’ Mereka menjawab, ‘Ya.’ Dia bertanya, ‘Apakah yang diucapkan oleh hambaKu?’ Mereka menjawab, ‘Dia memujiMu dan mengucapkan istirja’. Allah berfirman, ‘Dirikanlah untuk hambaKu sebuah rumah di surga, dan namailah dengan bait al-hamd (rumah pujian).” (HR. At Tirmidzi, dihasankan oleh Syaikh Al Albani)

Sahabat, buat kita2 yang pingin menikah tapi belum punya rumah jangan khawatir. Teruslah beramal sebagaimana baginda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ajarkan. Tak usah risau, tak perlu galau seandainya di dunia ini belum juga mendapatkan rumah, insya ALLAH, Allah pasti menggantinya dg rumah mewah, megah, dan wahhh di jannah nanti.

Sahabat, mungkin terlalu berat bagi kita seandainya kita mempraktekkan kesepuluh amalan di atas. Namun tentunya Allah Maha Tahu terhadap kemampuan kita. Minimal ada satu amalan yang terus dan langgeng kita lakukan setiap harinya. Allah pasti melihat apa yang kita kerjakan. Bersederhanalah dalam beribadah, jangan berlebihan agar kita bisa melanggengkan amal shalih kita dan agar kita tak jemu dalam beribadah kepadaNya. Selalu ikhlaskan niat hanya untuk mendapatkan ridha dan pahala dari-Nya semata. Selamat mencoba dan dapatkan rumah di surga!!!

Advertisements

One thought on “Cara Mudah Dapatkan Rumah Mewah, Siapa Mau?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s