Agar Presentasi Anda Kian Memikat (Bag. II)


Sahabat, setelah kemarin kita sudah membahas tentang hukum presentasi yang pertama, sekarang kita berlanjut menuju hukum kedua. Let’s check it out.
Hukum II : Presentasi yang cermat
Suatu presentasi yang memikat pasti butuh yang namanya kecermatan. Nah, kali ini kecermatan pada saat presentasi terbagi menjadi lima bagian penting, yaitu :

• Tujuan
Sebelum presentasi di depan orang banyak, kita kudu ngerti nih, apa tujuan kita presentasi. Apakah hanya sekedar presentasi aja, atau ada bumbu2 lainnya. Hal ini penting menurutku supaya apa yang kita sampaikan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh orang yang datang melihat presentasi kita.

• Audiens
Keberadaan audiens tentu harus kita perhatikan. Audiens anak2 berbeda kan dengan audiens mahasiswa, pekerja kantoran, atau orang tua. Tentu, perlakuan terhadap mereka sangatlah berbeda antara satu dengan yang lainnya. Nah, dengan kecermatan menghadapi audiens maka kita akan lebih mudah diterima oleh audiens saat kita presentasi.

• Materi
Yang ketiga materi. Materi yang akan kita sampaikan saat presentasi ibarat ruh. Jadi, tanpa materi terkadang presentasi kita tak terarah dengan jelas, ya kan?? Dengan adanya materi yang telah kita siapkan sebelumnya, presentasi kita akan lebih terstruktur dan terarah sehingga kita dan auidiens lebih enjoy saat presentasi berlangsung.

• Bentuk acara
Kecermatan dalam memahami bentuk acara juga tak kalah penting loh. Misalnya nih, kita mesti ngerti apakah acara dimana kita akan presentasi nanti di seting santai atau serius. Dengan begitu kita akan lebih bisa mengatur pembawaan kita sesuai kondisi acaranya. Nggak lucu kan, masak pas acaranya buat renungan kita malah bikin dagelan gag jelas gitu?? Malah lucu ding..haha

• Piranti pendukung
Terakhir, adalah piranti pendukung. Penting nih diperhatikan, supaya pas presentasi kita punya hal menarik lain yang bisa dipertunjukkan ke audiens dengan piranti pendukung kita. Misalnya aja kita butuh laptop dimana kita bisa memutar video2 lucu untuk ice breaking. Atau bisa juga spidol warna-warni buat menjelaskan sesuatu ke audiens, tentu lebih menarik kan, menulis dengan warna2 spidol yang berbeda?
Ok, sahabat, kira2 gambaran hukum kedua agar presentasi kita kian memukau. Semoga bisa dipraktekkan dan member manfaat, Amin…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s