Agar Presentasi Anda Kian Memikat


Sahabat, aku ingin berbagi nih buat temen-temen yang masih merasa kurang PeDe, kurang OK, kurang keren, atau kurang memikat saat presentasi atau tampil di depan khalayak banyak. Pernah kan kita ikut dalam sebuah forum, terus di forum itu ada semacam ceramah atau presentasi ?? Nah, mungkin pada suatu saat kita pernah mendapati seseorang yang mempunyai daya tarik presentasi yang sangat luar biasa. Dan nggak jarang juga nih, kita menemui presentasi dengan penyampaian yang garing, membosankan, dan jayus alias nggak lucu.

Oke deh, kali ini aku mencoba membagikan tentang apa yang aku dapat dari pelatihan dan musyawarah instruktur yang aku ikuti beberapa hari lalu. Presentasi yang memikat adalah sebuah tampilan presentasi yang diinginkan banyak orang sehingga menarik untuk diikuti. Nah, berikut ini aku akan mencoba berbagi tentang 5 hukum presentasi yang bisa dijadikan acuan agar presentasi kita menarik. Beberapa tips berikut insya Allah sangst berguna buat temen2 yang kesehariannya mengajar, trainer, marketer, atau bahkan bisa juga loh dicoba buat presentasi kuliah pas pelajaran. Simak baik2 ya…

Hukum I : Pribadi yang memikat
Pribadi yang memikat adalah pribadi yang memenuhi 4P berikut :
1. Penampilan
Penampilan yang menarik adalah modal awal yang harus dipenuhi agar audiens yang kita hadapi tertarik terhadap kita. Sebelum menyampaikan sesuatu, biasanya audiens akan melihat bagaimana penampilan kita seperti pakaian, rambut, maupun aksesoris yang kita pakai, ya kan??!!
2. Pikiran
Pikiran adalah modal kedua untuk bisa memberikan presentasi yang menarik. Pikiran kita yang positif dalam menghadapi audiens akan memberikan efek positif. Kita tentunya nggak ingin kan batal tampil di depan umum gara-gara kita nggak siap tampil ketika kita tahu bahwa audiens yang akan kita hadapi lebih banyak atau lebih pintar di depan kita?? Oleh karena itu, sebelum tampil di depan, kita sudah seharusnya menamkan aura positif ke dalam pikiran kita agar tidak grogi pada saat tampil nanti.
3. Perkataan
Kata-kata yang kita pilih pada saat kita tampil di depan umum sangat menentukan menarik tidaknya presentasi kita. Audiens akan lebih memperhatikan kita seandainya kita memilih kata-kata yang pas, tidak menyinggung perasaan, dan kata-kata yang membuat orang terpengaruh.
4. Perbuatan
Sikap atau perbuatan adalah salah satu factor penting yang perlu kita perhatikan. Sebagai contoh, orang yang presentasi dengan sikap santun, sopan, senyum, menyapa audiens dengan ramah akan lebih bisa diterima di hati audiens ketimbang orang yang presentasi dengan sikap sebaliknya. Eiitt,, jangan lupa juga sikap berdiri saat menyampaikan presentasi akan lebih memberikan ketertarikan dan energy yang lebih ketimbang orang yang presentasi sambil duduk. Kalo kita mau perhatikan nih, presentasi yang dilakukan sambil duduk cenderung terkesan membosankan dan kurang atraktif. Terakhir, jangan pernah sekali-kali kita membelakangi audiens saat presentasi karena akan terasa kurang baik secara etika.

Sahabatku, mungkin kali ini, kelima hukum presentasi belum bisa kujelaskan semua. Masih ada empat hokum presentasi yang akan mengubah presentasi anda agar kian memuakau saat anda benar-benar mau mencobanya. Tunggu edisi berikutnya ya,,hehe.. selamat mencoba!!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s