3 Rahasia Hidup Bahagia


Sabtu, 12 Februari 2011. Hari yang begitu luar biasa dimana aku mendapatkan banyak ilmu, teman, dan semangat beru. Semangat hidup. Semangat bekerja, dan semangat untuk terus berkarya dalam rangka berjuang mempertahankan eksistensi diri untuk meraih ridho Allah ‘azza wa jalla. Kurang lebih selama dua hari aku menjalani pelatihan dan musyawarah bersama rekan-rekan pengajar di seluruh DIY. Ada banyak hal menarik yang bisa kudapat selama dua hari menjalani pelatihan. Salah satunya adalah tentang tips hidup bahagia yang kudapat dari salah seorang motivator yang juga merupakan salah satu pioneer pendiri lembaga tempatku bekerja.

Dalam pelatihan tersebut ada tiga hal yang perlu kita perhatikan jika kita ingin hidup kita bahagia yaitu semangat, positive thinking, dan cinta.

1. Semangat
Semangat adalah modal penting bagi setiap orang untuk bisa bahagia dalam menjalani kehidupan. Dengan semangat yang tinggi, kita akan selalu antusias dalam melakukan semua aktivitas kita. Semangat yang ada pada diri kita akan memunculkan energy positif yang bisa berpengaruh terhadap aktivitas yang kita jalani.

2. Positive thinking
Sahabatku, Islam adalah agama yang begitu indah. Islam mengajarkan kita untuk selalu berpikir positif alias positive thinking atau dalam istilah agama lebih sering dikenal dengan husnudzhon atau berbaik sangka. Dengan husnudzhon seseorang tidak akan pernah merasa tersinggung saat orang yang diajak senyum tak membalas senyumnya. Ia tak akan pernah sakit hati saat orang lain mengkritisi dirinya. Dan ia tak akan pernah merasa sedih saat ia kehilangan harta ataupun orang yang dicintainya.
Orang yang berpikir positif akan selalu melihat ke depan dengan selalu berbaik sangka kepada Allah terhadapa apa yang menimpa dirinya. Sahabatku, ingatlah bahwa apa yang kita jalani semata-mata adalah takdir Allah atas usaha yang kita telah lakukan. Pikiran positif kita adalah pikiran sederhana yang semestinya selalu kita tanamkan agar hidup terasa lapang dan tidak terbebani. Energi kita akan terkuras habis seandainya kita selalu berburuk sangka. Sebaliknya, pikiran positif akan melahirkan energy yang luar biasa yang dapat menambah gairah dan semangat hidup kita.

3. Cinta
Cinta adalah sebuah anugerah yang Allah berikan kepada setiap insan di dunia ini. Keberadaan cinta adalah suatu keniscayaan dalam setiap lini kehidupan. Bagi seorang yang bekerja, mencintai profesi adalah salah satu bentuk cinta. Bagi seorang ibu, mengurus suami dan anak-anak adalah wujud kecintaannya terhadap keluarga. Begitu pula dengan seorang guru, mengajarkan ilmu kepada anak didiknya merupakan manifestasi dari kecintaannya kepada murud-muridnya. Ketahuilah wahai sahabatku, bahwa dengan cinta kita akan bahagia. Karena cinta akan melahirkan energy yang sangat luar biasa yang bisa membuat kita selalu tersenyum lebar dan menjalani hidup dengan bahagia.

Sahabat, menurutku ketiga hal diatas adalah bagian kecil dari proses yang bisa kita coba agar hidup ini selalu bahagia. Masih ada banyak tips hidup bahagia yang mungkin bisa kita ungkap lebih jauh. Dan tak ada salahnya jika kita mencoba ketiga hal di atas karena kita semua pasti ingin hidup bahagia. Selamat mencoba !!

Advertisements

2 thoughts on “3 Rahasia Hidup Bahagia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s