Jangan Lupakan Dia, Agar Dia Mencintaiku


Bismillah, merefresh kembali pikiran setelah berhari-hari dilanda tamu tak diundang. Semoga kali ini Allah memudahkan jalan bagiku. Sahabat, terbersit sebuah kisah yang amat ingin kuceritakan. Hari Jumat beberapa minggu yang, lalu lewat sebuah khutbah di sebuah masjid aku pun tersadarkan. Betapa kita terlalu sering dilalaikan, acap kali terlena, dan kerap kali merasa aman.Berbagai kesibukan yang kita lalui terkadang membuat kemesraan kita dengan Sang Khalik terabaikan. Aktivitas keseharian kita terkadang melewatkan waktu-waktu utama untuk bisa mendapat keridhaan-Nya.

Hari itu, Jumat 14 Januari 2011. Seperti biasa aktivitas ibadah shalat Jumat kujalani dengan penuh semangat dan suka cita. Dan, khutbah pun dimulai. Sang Khatib yang notabene adalah orang yang kukenal mulai mewasiatkan taqwa kepada beliau dan seluruh jamaah. Tema hari itu adalah tentang shalat.

Subhanallah, aku sedikit terhenyak saat beliau mulai menyampaikan khutbah tentang shalat. Yah, selama ini, aku selalu merasa baik2 saja dengan ibadah shalatku. Namun, saat Sang Khatib menyampaikan bahwa kita sering melalaikan waktu-waktu shalat yang utama dengan berjamaah dan lebih memilih untuk meneruskan aktivitas-aktivitas keduniaan. Shalat yang kita lakukan selama ini tak lain hanyalah sebuah amalan penggugur kewajiban saja, dilakukan tanpa makna, dan dijalankan dengan sisa-sisa tenaga kita. Sang khatib pun melanjutkan, batapa banyak kita terlalu sering meremehkan atau bahkan melalaikan shalat berjamaah dengan lebih memilih untuk shalat sendirian. Hal itulah yang menyebabkan pekerjaan ataupun aktivitas yang kita lakukan menjadi tidak barokah.

Sang khatib pun melanjutkan, bahwa pekerjaan yang kita jalani akan tidak ada artinya jika kita lalai terhadap shalat berjamaah. Meskipun kita menjadi orang yang sukses dalam hal pekerjaan kita, rizki melimpah, dan kehidupan enak namun Allah akan mencabut berkah dari apa yang kita dapat karena kita lalai terhadap shalat berjamaah. Sesungguhnya shalat berjamaah akan membawa keberkahan jika kita ikhlas menjalaninya. Shalat berjamaah akan membawa ketenangan dan ketentraman batin bagi siapa saja yang mencintainya.

Fenomena masjid-masjid zaman sekarang sungguh menyedihkan. Bangunan-bangunan megah, karpet yang indah, serta ornamen-ornamen kaligrafi hanyalah menjadi penghias tanpa makna dalam bagi sebuah masjid. Namun sangatlah disayangkan betapa sedikitnya jamaah yang mau shalat berjamaah di dalamnya. Akan menjadi sebuah pemandangan yang indah apabila masjid menjadi penuh sesak seperti ketika shalat jumat didirikan. Akan sangat manis jika semua orang lebih mengutamakan Allah disaat banyak manusia lalai untuk melakukannya.

Selain itu, shalat merupakan kunci dari segala amal perbuatan manusia yang akan ditanyakan pertama kali di akhirat kelak. Jika shalat kita baik, maka akan baik pula semua amalan kita, begitu sebaliknya. Sungguh banyak keutamaan shalat berjamaah yang agung yang sering dilupakan dan diacuhkan kebanyakan orang. Banyak orang tetap sibuk dengan perniagaan, pekerjaan, bahkan kegiatan-kegiatan yang melalaikan saat azdan dikumandangkan. Banyak sebagian orang masih saja bersantai ria dan tetap mengabaikan seruan indah untuk shalat berjamaah di masjid.

Hmmm, khutbah yang cukup dalam, membuatku semakin sadar akan pentingnya shalat apalagi shalat berjamaah yang sebagian ulama menganggapnya wajib bagi laki2. Alhamdulillah, meski berjamaah bukan hal yang berat buatku, namun terkadang aku hanya menjalaninya sebagai rutinitas biasa dan mungkin terkadang hanya berlalu begitu saja. Tak kusadari bahwa betapa agung perintah Allah tentang shalat yang sudah seharusnya tercermin dalam akhlak dan perilaku kita sehari-hari. Sungguh tak layak bagi seorang muslim untuk berkata kotor, melakukan perbuatan tercela, dan lalai terhadap apa yang telah menjadi kewajibannya padahal ia menyandang label ‘MUSLIM’ yang mana selalu menjaga wudhu, menjalankan shalat berjamaah, dan senantiasa melanggengkan amal shalih.

Sahabat, lewat tulisanku ini aku mengajak diri sendiri dan sahabat sekalian untuk lebih memmperhatikan shalat kita, terutama shalat lima waktu berjamaah. Dimana shalat berjamaah memiliki banyak keutamaan di sisi Allah yang seharusnya kita senantiasa berlomba2 untuk mendapatkannya. Terimakasih untuk ustadz yang telah mengingatkanku melalui khutbahnya. Lewat tulisan ini aku memohonkan doa kepada Allah untuk selalu mengalirkan pahala atas apa yang telah beliau sampaikan. Amin.

Untuk lebih detail tentang shalat berjamaah dan keutamaannya, silahkan buka link berikut

http://d1.islamhouse.com/data/id/ih_articles/chain/Summary_of_the_Islamic_Fiqh_Tuwajre/03_Worship/02_Salah/id_salat_12.pdf
http://thullabul-ilmiy.or.id/blog/?p=60

Advertisements

One thought on “Jangan Lupakan Dia, Agar Dia Mencintaiku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s