Mengaktifkan GD Library


Bismillah, just wanna share a simple problem. Mmmm, kurang lebih beberapa hari lalu aku buka-buka lagi kerjaan skripsiku. Ada sedikit error nih kualami. Pas aku buka salah satu modul dari skripsiku yang mengurusi masalah grafik alias chart tiba-tiba muncullah error seperti ini :

Fatal error: Call to undefined function imagecreatetruecolor() in C:\ms4w\Apache\htdocs\sig\htdocs\page\modules\mod_kasus\libchart\classes\view\plot\Plot.php on line 217

Sekilas kalau kita baca, error tadi memberitahukan bahwa kita telah memanggil sebuah fungsi yang tidak terdefinisi alias tidak dikenali yang bernama imagecreatetruecolor(). Fungsi imagecreatetruecolor() adalah sebuah fungsi bawaan GD library yang berfungsi mengembalikan sebuah gambar pengenal yang mewakili gambar hitam sesuai dengan ukuran panjang dan lebar yang sudah ditetapkan pada parameter input.

Usut punya usut ternyata error tadi menunjukkan bahwa kita belum mengaktifkan GD library kita. Ada beberapa alasan kenapa library tersebut tidak aktif. Alasan pertama adalah karena memang ekstensi php_gd dalam file php.ini belum diaktifkan. Alasan kedua adalah karena versi PHP yang digunakan memang tidak support dan belum terinstall di dalamnya. Untuk itu, silahkan gunakan PHP versi 4 ke atas atau PHP versi 5. Nah, gimana sih supaya error kaya tadi dan yang semacamnya yang ada kaitannya dengan GD library tidak muncul lagi??

Simple banget kok, buat yang versi PHP nya sudah memenuhi syarat (PHP 4 dan PHP 5) silahkan cari file php.ini. Lalu cari tulisan seperti di bawah ini :

Setelah itu hilangkan tanda ‘;’ di depannya lalu save. Restart apachenya, trus jadi deh!! Sekarang silahkan coba lagi file grafik/chart yang sudah dibuat, insya ALLAH akan berjalan normal. Alhamdulillah, setelah itu grafik yang kuinginkan pun muncul seperti gambar berikut :

Keren kan??!! Hehe

Oke, ngomong-ngomong soal GD Library nih mungkin sebagian dari kita masih belum ngerti apaan sih tu GD Library. GD adalah sebuah open source library untuk membuat gambar dinamis. GD ditulis dalam bahasa C, tersedia juga untuk Perl, PHP dan bahasa lainnya. Dengan GD, kita bisa menciptakan sebuah gambar/image berformat PNG, JPEG dan GIF. GD umumnya digunakan untuk menghasilkan grafik, gambar, thumbnail, gambar pada captctha security images, dan lain sebagainya. Meskipun tidak terbatas untuk digunakan pada web, aplikasi ini paling banyak digunakan pada pengembangan website.

Lebih lengkapnya silahkan buka link berikut ini http://www.boutell.com/gd/. Oke, that’s all, semoga bermanfaat buat yang membacanya.

Advertisements

2 thoughts on “Mengaktifkan GD Library

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s