Mereka Menginspirasiku . . . .


Kala fajar menjelang, sebelum sang mentari terbit membawa kehangatan. Hembusan sejuk udara mengayuh mimpi yang tersadar hadirkan suasana hening. Suara azan nan lantang memecah sunyi pertanda hari ini dimulai. Hari yang indah penuh harapan kusiapkan dengan penuh kesungguhan. Kusiapkan segala rencana dengan mengikhlaskan niat untuk menggapai ridho Sang Pencipta.

Cerminan indah dari para pejuang, pecinta ilmu, dan para penghusung bendera panji Islam yang mungkin bisa memberikan inspirasi bagi kita “Sang Penuntut Ilmu”. Sebuah realita kondisi masa sulit, masa terberat dalam hidup, dan masa-masa yang syaraat akan kepayahan sebelum hadirnya secercah asa di ujung jalan. Ada baiknya kita banyak merenung, menelaah, dan mengenal mereka lebih jauh. Agar jiwa ini tak lemah, agar semangat ini tak patah, juga agar hati dan pikiran ini senantiasa bercahaya dengan mengambil jutaan mutiara hikmah yang ada pada kisah mereka.

Imam Asy Syafi’i, yang telah menyelesaikan hafalan Al Qur’an sebelum usia baligh. Beliau adalah seorang ulama ahli fiqh yang rela mencurahkan sepertiga malamnya untuk muthola’ah dan muraja’ah, sepertiga malam untuk sholat malam, dan sepertiga malam untuk tidur.

Syaikh Ibnu Taimiyyah yang atas izin Allah mampu mengarang kitab aqidah wasithiyah hanya dalam sekali duduk setelah waktu ashar. Beliau mencurahkan seluruh hidupnya untuk ilmu dien sehingga beliau tidak menikah dan dijuluki sebagai Syaikhul Islam karena keluasan ilmunya.

Imam An Nawawi yang sangat luar biasa mencurahkan hidupnya untuk ilmu dien hingga teramat banyak hikmah dari kitab-kitab karangan beliau. Beliau rela untuk tidak menikah, meski Allah ‘hanya’ memberikan kesempatan hidup selama 45 tahun, namun beliau mampu menghasilkan karya fenomenal seperti Kitab Riyadhush Shalihin dan masih banyak lagi.

Syaikh Muhammad bin Shalih Al Munajjid yang notabene lulusan Teknik Kimia bisa menjadi seorang ulama besar. Beliau rela meluangkan waktu libur kuliahnya untuk menimba ilmu kepada para ulama.

Syaikh Maher Al Muayqaly, sang imam Masjidil Haram dengan keindahan suaranya melantunkan ayat-ayat Allah dalam Al Qur’an, seorang pengajar matematika yang hafal Al Qur’an.

Syaikh ‘Aidh Al Qarni adalah sosok hebat yang hafal Al Qur’an, Kitab Bulughul Maram, hafal ribuan bait syair, dan selalu mencetak karya-karya fenomenal hingga saat ini.

Dan masih banyak lagi para tokoh ulama, ilmuan, dan para pejuang yang selalu mencurahkan hidupnya di jalan Allah. Mereka seakan tak pernah berenti menorehkan tinta emas demi kejayaan Islam dengan berbagai macam peran yang dilakoni.

Jangan pernah lupakan pula bahwa kita punya Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam yang senantiasa berakhlak dengan AL Qur’an, menghiasi lisan dengan berdzikir, bertutur kata lembut, dan sanggup menaklukkan dunia atas izin ALLAH ‘azza wa jalla. Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam adalah sosok panutan yang semangatnya harus selalu menjadi teladan bagi seorang muslim. Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam adalah manusia hebat, cerdas, jujur, dan amanah. Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam sanggup menjalankan roda kehidupan dengan berbagai bentuk peran kehidupan dengan sangat indah. Mulai dari peran beliau sebagai seorang Rasul, pedagang, seorang pengajar, guru, pendidik, seorang suami, seorang ayah, sahabat, dan masih banyak lagi. Beliau adalah orang yang paling sempurna dalam menjalani peran kehidupan.
Wahai sahabatku, membaca kisah mereka, mengenal kepribadian mereka, mencermati sisi kehidupan mereka, dan mencoba mengambil hikmah dari kisah mereka adalah sebuah kenikmatan. Terlebih bagi seorang muslim yang bertindak sebagai sang penuntut ilmu, pejuang dakwah Islam, dan bahkan rakyat jelata sekalipun.
Kisah-kisah kehidupan orang-orang hebat di atas bak air hujan yang mengguyur tanah yang kering, kisah yang membuat padang rumput seakan menjadi semakin hijau dan sedap dipandang mata.

Wahai sahabatku, tak inginkah kita dapat meneladani mereka? Mencintai mereka, mengidolakan mereka, mempelajari peran hidup mereka untuk bisa kita aplikasikan dalam setiap langkah hidup kita. Janganlah pernah merasa tak mampu atau bahkan tak ingin seperti mereka. Meski amalan, ilmu, dan perilaku kita masih terlampau jauh untuk bisa dibandingkan dengan apa yang mereka punya, yakinlah bahwa ada Allah yang senatiasa membimbing kita untuk selalu bisa berkarya dan menjalani peran hidup kita untuk mewarnai dunia. Amin, insya ALLAH,, ^_^…

Advertisements

One thought on “Mereka Menginspirasiku . . . .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s