Buat Yang Suntuk, Barangkali Ini Solusinya…


Pernah merasa bosan? Bingung mau ngapain? Suntuk? Gak ada kerjaan? Kurang kerjaan? Males buat beraktivitas?? Atau apalah enggak mood plus nggak semangat ?

Wah, wah, gejala-gejala pengangguran itu. Harus segera dibasmi, sebelum virus menganggur merasuk dan mengalir deras bersama aliran darah kita. Mmmmm, mungkin berbagai macam perasaan tadi pernah kita alami. Betul kan? Yah, yang namanya manusia, pastilah suatu saat pernah mengalami hal-hal seperti di atas. Coba deh, mulai kita deteksi apa sih sebabnya?!! Nah, setelah tau apa penyebabnya, lawan deh dengan jurus mautmu!! Haha,, saran yang kurang solutif.

Oke, kembali serius!! Begini friend, kasus kebosanan, suntuk, males, atau apalah, menurutku semua hal tadi terkadang disebabkan oleh situasi dan kondisi lingkungan kita. Salah satunya adalah K-A-M-A-R!!
Yap, bener banget!! Kamar!! Kamar adalah salah satu tempat di mana kita banyak menghabiskan waktu di dalamnya. Kamar ibarat ruang inspirasi yang sedikit banyak memberikan pengaruh bagi aktivitas hidup kita. Kamar juga menjadi ruang pribadi kita dimana kita selalu beraktivitas di dalamnya. Tak hanya itu, kondisi kamar sebenarnya adalah salah satu cerminan dari si penghuni kamar.

Keadaan kamar yang berantakan, dimana buku2 berserakan, baju2 bergantungan, debu2 yang menempel di rak, lemari, dan berbagai macam hal yang membuat kamar tak enak dilihat adalah salah satu bentuk kecerobohan pemiliknya. Biasanya tuh, anak kos pada begituan apalagi kamar cowok. Ampun deh, udah kamar berantakan, penghuninya jarang mandi lagi. Ckckckck,,,hiiii mengerikan. Nah, yang begituan ini nih, kudu segera dibasmi (bukan orangnya loh!! Tapi kebiasaannya).

Mulai sekarang, cobalah kembalikan buku2 yang berserakan kembali ke rak, lalu lipat selimut, rapikan bantal, guling , dan tempat tidur. Habis itu, kumpulkan kertas2 yang berserakan di kamar berupa : coret2 an pelajaran, bekas print2 yang udah gak kepake, kertas2 tugas yang udah tak berguna, surat2 cinta gak penting yang tertuju buat kita (haha,, PeDe!!!), dan surat2 kaleng dari para fans kita (overrrr confidence!!!!) :p… Then, pisahkan antara yang masih bisa dipake ulang dan yang udah enggak bisa. Lalu buang yang udah gak penting (Asal jangan surat nikah ama surat2 penting lainnya ikut terbuang, bisa berabe kan!!??!). Kemudian rapikan kembali kertas2 yang masih bisa dipake lagi, itung2 irit kertas,,hehe.

Mulailah bersihkan debu2 kamar dengan lap atau tissue. Oh iya, bersihkan juga tuh buku2 yang ada di rak biar nggak cepet rusak, sayang kan udah beli mahal2 ??!! Truss, baju2 kotor dicuci dong, biar gak dijadikan sarang nyamuk!! Abis itu, rapikan tempat gantungn baju, atau bisa kita pasang hanger biar lebih terkesan rapi. Kalu sudah, mulai deh bisa dipel atau sekedar disapu aja sebagai finishing. Eitttt, jangan lupa, yang bersihin kamar juga kudu mandi!! Biar semua terlihat segar dan fresh.

Nah friend, aktivitas tadi bisa kita coba loh untuk mengusir kebosanan kita. Menurutku, bersih2 kamar atau bahkan rumah bisa menjadi aktivitas yang mengasyikkan. Selain, menyehatkan karena badan kita bergerak, pikiran pun ikut bekerja dengan memikirkan urutan pekerjaan yang kita lakukan. Oh iya, boleh juga kita mengganti posisi barang2 yang ada di kamar kita setiap 3 atau 6 bulan sekali misalnya supaya suasana kamar atau rumah kita terasa baru dan berbeda.

Lakukan kegiatan itu saat kita merasa jenuh dengan aktivitas kita, coba deh luangkan waktu setiap hari minimal 10-15 menit untuk membersihkan dan merapikan kamar kita agar tetap terjaga kebersihan dan kerapiannya. Gak lama kan??! Bisa dilakukan di pagi hari setelah bangun tidur saat kita belum banyak beraktivitas. Bisa juga kita lakukan setiap seminggu sekali untuk aktivitas merapikan kamar yang agak berat seperti membersihkan buku, dan yang lainnya.

Ingat friend, bahwa kamar adalah cerminan penghuninya. Bersih dan rapinya kamar adalah wujud dari kebersihan dan kerapian penghuninya. Selain itu, dengan kondisi kamar yang menyenangkan kita akan semakin semangat belajar, menulis, dan melakukan hal-hal positif lainnya di dalam kamar. Oke deh, itu aja sih sedikit tips dan pengalamanku. Semoga bermanfaat!!

“Diriwayatkan dari Malik Al Asy’ari dia berkata, Rasulullah saw. bersabda : Kebersihan adalah sebagian dari iman dan bacaan hamdalah dapat memenuhi mizan (timbangan), dan bacaan subhanallahi walhamdulillah memenuhi kolong langit dan bumi, dan shalat adalah cahaya dan shadaqah adalah pelita, dan sabar adalah sinar, dan Al Quran adalah pedoman bagimu.” (HR. Muslim)”

Advertisements

3 thoughts on “Buat Yang Suntuk, Barangkali Ini Solusinya…

    • Eh,,ada nia.. iya deh percaya kalo Nia kamarnya selalu rapi,, kliatan kok dari catetan pas SMA yg selalu rapi dan warna-warni jg…hehe…
      Alhamdulillah,, buku2 selalu rapi jg,, terinspirasi dari perpustakaan yg selalu rapi jg kalo naruh buku..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s