Komunitas itu Bernama Keluarga


Keluarga adalah sebuah komunitas terkecil bagi kehidupan manusia. Keluarga tak akan pernah ada dengan sendirinya. Ia selalu membutuhkan elemen-elemen pembentiknya. Semua juga tahu bahwa keluarga terbentuk dari kumpulan beberapa individu berbeda dengan satu tujuan. Tujuan utama keluarga adalah membentuk suatu ketentraman dan kebahagiaan bagi masing-masing anggotanya.

Keluarga adalah sebuah kenyamanan bagi hidup seseorang. Ia adalah payung yang melindungi setiap individu di dalamnya dari panas dan hujan. Keluarga ialah penghibur dikala sedih dan menentramkan hati saat kegelisahan menimpa. Ia selalu menjadi penyemangat bagi seorang ayah yang tiada pernah menyerah untuk mencari nafkah. Keluarga selalu memberikan kekuatan batin seorang ibu yang terus berjuang untuk membesarkan putra-putrinya. Keduanya seakan tak peduli dengan semua cercaan yang datang kala getirnya kehidupan mencoba menghampiri. Keduanya tetap berusaha tegar menghadapi semua ujian hidup demi keutuhan dan ketentraman hidup keluarga.

Keluarga adalah pusat pembentukan karakter bagi setiap individu di dalamnya. Apa yang ada pada diri kita saat ini berupa kepribadian, karakter, dan kebiasaan hidup adalah hasil dari bentukan keluarga kita. Meskipun tak seratus persen, namun keluarga adalah salah satu elemen penting yang menjadikan kita pribadi-pribadi yang berkarakter kuat. Keluarga menjadi salah satu pondasi kuat yang membangun kehidupan kita sehingga kita bisa bertahan hidup hingga sekarang.

Keluarga, komunitas yang telah mengubah segalanya. Mengubah peradaban saat dunia ini butuh perubahan. Keluarga telah melahirkan sosok-sosok tangguh yang mampu mengguncang dunia. Keluarga tak henti-hentinya melukis dunia dengan pesona warna-warni setiap individu di dalamnya yang tiada pernah lelah berkarya. Keluarga selalu ada dalam setiap fase kehidupan manusia sehingga keluarga tak pernah luput dari sebutan orang-orang yang merasakan kesuksesan dalam hidupnya.

Bila kita tengok ke belakang, keluarga telah menghadirkan sosok hebat yang telah mengubah dunia dengan kehebatan masing-masing atas izin Allah. Dari keluarga pula kita tahu bahwa banyak terlahir para ilmuan dunia yang terus menghasilkan buah pikirannya. Dan keluarga pun telah mencetak generasi-generasi hebat yaitu para pengemban amanah al qur’an.

Keluarga, satu kata yang sederhana. Hanya sebuah komunitas kecil namun ia begitu luar biasa. Ia sanggup memberikan corak dalam peradaban dunia. Ia selalu menjadi faktor kunci dibalik kesuksesan jutaan orang. Sahabatku, jadilah kita salah satu bagian dari keluarga yang sanggup untuk mengubah dunia dengan karya-karya kita. Jadilah kita seseorang yang selalu menghargai keluarga sebagai salah satu komunitas yang telah mencetak dan merancang kepribadian kita.

Advertisements

One thought on “Komunitas itu Bernama Keluarga

  1. keluarga adalah pendidikan pertama bagi manusia
    keluarga tempat dimana bersosialisasi pertama bagi manusia
    keluarga tempat ternyaman untuk berbagi, dan bercerita
    alhamdulillah punya keluarga yang pengertian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s