My Dedication Page


Tulisan ini hanyalah murni tertulis karena dalamnya rasa terimakasih dan kecintaanku untuk orang-orang yang telah memberikan indah warna-warni hidupku terhadap apa yang telah aku raih saat ini. Setelah berhari-hari melewati perjuangan dan berbagai ujian akhirnya dengan izin Allah aku berhasil menyelesaikan skripsiku dengan hasil yang sungguh luar biasa yang mungkin tak pernah terduga sebelumnya. Sebuah persembahan, ucapan terimakasih, serta permohonan maafku selayaknya pantas untuk aku berikan kepada orang-orang yang sangat berjasa dalam mengisi kehidupanku. Sungguh tak pantas bagiku untuk melupakan dan menyombongkan diri karena aku tidaklah hidup seorang diri.

Firstly, skripsi dan kelulusanku ini kuhadiahkan spesial untuk hadiah ULTAH abah (24 November), ibu (27 November), dan Fachry (16 Desember),, semoga Allah memberikan keberkahan usia, rizki, dan kebahagiaan selalu,,amin,,

Lewat tulisan ini ingin kusampaikan sanjungan, pujian, dan sujud syukurku kehadirat Allah ‘azza wa jalla yang telah menciptakan hamba-Nya untuk beribadah kepada-Nya atas hidayah, rahmat, kemudahan, bimbingan, dan kehidupan yang sungguh sangat luar biasa untukku.

Shalawat dan salam semoga selalu tercurah untuk Baginda Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam pembawa risalah kebenaran, keluarganya, para sahabatnya, dan seluruh umatnya yang senantiasa mengikuti sunnahnya hingga hari pembalasan nanti.

Ibu yang telah melahirkanku, merawatku, membesarkanku, mendidikku hingga saat ini, terimakasih untuk berjuta cinta yang tak tergantikan, doa yang tak pernah berhenti, masakan spesial yang selalu tersedia buatku saat aku pulang, surprise yang tak pernah aku duka saat hadir di ujian munaqosyahku, termiakasih untuk segala kebaikan yang tak terhingga karena ibu adalah ibu nomor satu di dunia buatku….…… semoga Allah selalu melindungi ibu,,,,
Abah yang selalu menanyakan keadaanku, terimakasih untuk doa, ilmu, diskusi, pendidikan, motivasi, pesan, canda, bimbingan, arahan, pengorbanan, dan semua fasilitas gratisssss yang selalu dibrikan untuk putra terbesarnya……maafkan atas segala kesalahan dan yang tak berkenan dariku, semoga Allah memberkahi setiap langkah abah..amin
Adikku Fahmi,, terimakasih untuk kebersamaannya,,, bantuannya,, kerjasama, makan malam, diskusinya,,,,,, traktirnya,, pinjeman duitnya,, jayusnya,,, gak jelasnya,,, yang membuat abang ini kadang males nanggapin semua yang aneh-aneh darimu…. Terimakasih untuk kesabaranmu menghadapiku….
Adikku Fachry yang selalu menghilang saat abangmu ini pulang, terimakasih untuk selalu menemaniku berlatih sepak bola saat aku pulang, I like your skill bro!!!…. Jadilah anak yang shalih yang bisa membuat bangga ibu, abah, kedua abangmu,,, aku salut dengan semangatmu yang bercita-cita menjadi penerus dan mengurus pesantren, semoga terwujud, jadilah ‘The Next Generation of Hidayatullah’ karena engkaulah generasi harapan kami….
Eyang tercinta atas doa yang tiada pernah berhenti untuk semua cucunya… Semoga panjang umur dan Allah selalu memberikan kesehatan…..
Amah kami tercinta amah Luluk dan keluarga untuk perhatiannya, motivasi, nasihat, dan kasih sayang yang selalu ada untuk putra-putranya ….. Terimakasih,,, Semoga aku bisa menjadi contoh buat putra2 Amah… Amah Lis dan keluarga yang tak pernah berhenti memberikan perhatiannya, menanyakan keadaanku, dan segala kebaikan yang tak terbalaskan….. almarhum Amy Mahrus yang telah banyak memberikan pengaruh positif untukku selama d UIN. Semoga Allah mengampuni dosa2 nya…
Keluarga d Solo, Budhe, amy, dan amah kami yang mendoakan dan mendukungku saat ujian munaqosyah.. terimakasih banyak………. Kakakku, mbak Icha yang ada d Portugal mbak, akhirnya aku lulus!!!! cepet pulang yah,I’m waiting for the dictionary,…,,. Adek2 ku Syauqy Ar Rasyid jadilah abang yang bisa selalu ‘ngemong’ adiknya makasih telah mau mengantarku belanja peralatan rumah….. Nahwan Ar Rasyid yang selalu menjadi pendamping setia Fachry saat pulang ke Jogja , makasih PSP nya dek…. Mas Aam dan Juga adik2 ku yang selalu ceria Aufa Al Mahrusy, Najwa Al Mahrusy, Hanin Al Mahrusy, Ata Al Mahrusy, Zulfikar, Affan, The twins Nizar-Nizam, Qila, Naufal, Aini, Fayat, Ridhwan,,,, Terimakasih untuk ribuan canda dan jutaan ceria kalian ..Semoga Allah memberikan keberkahan buat kita semua….

-> Kedelapan sahabatku halaqah AL-HIKAM, teman berjuang, belajar, touring, bercanda, dan bercerita :
Rifqi : Congratulations to you, untuk kelulusan dan akhirnya kau menemukan jodohmu, SELAMAT sekali lagi segeralah untuk mengakhiri yang belum halal dengan segera menghalalkannya,,hehe…. terimakasih friend Untuk cerita, ilmu, dan sarannya.. Sungguh beruntung aku berkawan denganmu.. Maafkan aku yang kadang koneksi lambat saat diskusi sama ente, yang kadang over saat bercanda denganmu… gomenasai for everything…. Terimakasih sekali lagi untuk mau mengantarkanku ketemu dosen2 kita yang baik hati,, untuk mau makan sore di tengah hujan lebat bersamaku (halah!!!)..
Nuur Dien : guruku yang paling sabar, yang always calm, cool, dan mahal senyumnya… Hehe.. Makasih bantuannya buat ngisi kuisionernya,CD Ubuntu nya, status-status mu yang menggetarkan hatiku, cerita-ceritamu yang kadang mengena di hatiku, aku suka tulisannmu tentang ibu,,,,ayo nulis lagi,, tapi tentang skripsi..hehe,, aku tunggu lulusmu….
Sigit : kakakku terhormat yang menurutku selalu bisa berfikir kritis dan dewasa…. Aku bangga punya sahabat yang mau berubah untuk menjadi lebih baik……. jangan menyerah begitu saja,,, siapa cepat belum tentu dapat,, tergantung usaha dan takdir.. Haha.. Makasih buat Windows XP-nya, buat ceritanya yang selalu heboh, beneran gak ada mAs Sigit gak rame,,,jazakumullahu khoiron untuk semua bantuan dan kebaikannya….
Riyan : partner asistenku yang selalu bilang SEMANGAT Han!!! Yang membuat spiritku selalu ada untuk berjuang menyelesaikan kerjaan yang sulit,, makasih buat bantuan revisi plus bantuan ngisi kuesionernya di detik2 akhir, plus cerita-ceritamu, diskusi, dan semuanya aja deh yang sudah membuatku selalu tersenyum… maafin aku yah,, kadang kelewatan kalo bercanda..
Mas Irvan : kakakku yang selalu tampil sederhana dan apa adanya.. Makasih untuk sharing, chatting, dan main ke kontrakanku…. Ayo mas,, segera selesaikan,,,,,Santai aja mas, aku bukanlah pesaingmu,, tak doakan mimpiku yang ‘itu’ terwujud……aminnn,,…
Eh iya,, sunu kelupaaaaannnn : suNu yang selalu ceria,,, makasih buat ilmunya juga inspirasinya tentang tips mengerjakan KP and skripsi semoga jadi amal jariyah buat yang mengamalkannya ,, tanpa kamu halaqah ataupun pertemuan kita jadi garing !! BAngkitkan semangatmu untuk bisa belajar tahsin lagi, overall perkembangan tartilmu lumayan pesat… Lanjutkan Nu!! Aku tunggu selesainya KP-mu,, biar aku datang pas seminarmu, lalu selesaikan skripsimu…OKOKOK!!!
Wahid yang selalu datang belakangan, yang tampak seperti Luis Suarez saat futsal,yang rela malem2 ke kontrakanku buat Tanya DFD sama aku,, keep fight Hid,, kami bersama kalian!!
Ali yang selalu ada melengkapi halaqah kita,, tanpamu kita sepi, sunyi, dan ada yang kurang….. Terus berjuang dan semoga Allah memudahkan langkahmu,,,,SEMANGAT!!!
-> Sahabat futsalku, cerita, dan rekan seperjuanganku, trio asabiqunal awwaluun yang udah memberikan semangat lulus buatku,,,,
Sidiq maksih buat spiritmu menulis yang menular padaku, untuk doa dan semangatmu sebelum aku tidur di malam munaqosyah,,, buat kerja sama juga umpan-umpannya buatku saat berkiprah di lapangan hijau, sms2 mu yang udah memecahkan rekor d inbox ku sbg sms tersering, last,, aku suka dengan keinginanmu dan semangatmu untuk bisa menjadi lebih baik,.Dix,,, I like your spirit!!!!
Alex, yang sudah rela memberikan presentasi skripsinya plus skripsinya sekalian, membantu ngisi kuisioner,mengantarkan ke rumah bu ‘uyun, canda-candanya, dan semua kebaikanmu, Syukro katsiron friend,,,,aku berharap bisa bekerja sama denganmu di asistensi berikutnya,,,semoga Allah memberikan pahala terbaik buatmu….
Imam yang sudah menyemangatiku dan mendoakanku lewat smsnya ,makasih juga mam buat bandeng presto, tempe gorang, dan masakannya,,,,oh iyo, pas futsal aku merasa aman saat dirimu berada di barisan belakang,hehe,,,
Sahabatku Fikri untuk curhatnya, ceritanya, semangatny, dan doanya…Aku doakan dirimu segera menyusul kelulusanku… SEMANGAT Fik!!! Kapan-kapan kita cerita yang banyak lagi,,,

Pesanku buat kalian (Rifqi, NuurDien, Sigit, Riyan, Mas Irvan, Sunu, Wahid, Ali, Alex, Sidix, Imam, Fikri) : “Cita-cita yang tinggi hanya bisa diraih dengan himmah ‘aliyah (motivasi yang tinggi) dan niyyah shahihah (niat yang benar)”…. SEMANGAT KAWAN!!! Jaga Ukhuwah,,jaga persaudaraan,, jangan biarkan benih2 permusuhan tumbuh diantara kita!!! We’ll always together…. Karena kita adalah saudara kandung di bawah naungan Islam, saudara seayah dan seibu di bawah bendera informatika…..Semoga ALLAH senantiasa menyatukan hati-hati kita,,, amin..

-> Teman futsal yang gokil abizzz!!! Dika, Qory, Ichzan, Arfan yang udah sms saat hari H ujian,,hehe aku nggak nyangka; Uzad, juga Aslam makasih buat semuanya.

-> Teman-teman angkatan 2006
Sahabatku mbak ayu’ yang udah rela mengantarkan logistik buatku dan Rifqi, selalu baik sama temen-temennya, mengenalkanku pada seseorang yang membantu skripsiku, pusat jajan pulsaku yang membuat aku selalu berhutang pulsa padamu, dan sudah mau mendengarkan cerita2 ku,, Makasiiihhhhhh buanyakkk untuk semua bantuan berupa materi, moral, fisik, lahir, maupun batin (loh??!!),,,,,aduhhhhh harus gimana aku membalas kebaikannya…
Hajar yang suka Tanya-tanya,haha,, semoga manfaat deh!!!,,,,
Mbak Siti Nurhayati, makasihhhhh untuk sms SMANGATnya! Aduh kok ya tanya-tanya juga tentang lelaki sholeh dan wanita sholehah sama saya to,, semoga anda mendapatkannya mbak yang sholeh tentunya bukan yang sholehah,,, Salam PRAMUKA mbak!!!
Mas Aan dan istri untuk bantuan ilmunya selama ini….Feby untuk kebersamannya selama kulliah… Kang Purwo yang udah sms menanyakan hasil ujiannya, aduh makasih banget Kang!!! Joko Al Mujahid atas sms taushiyahnya… Jusma’il makasih buat masakannya, sambelnya,, mantap jaya bro !!! Haryo, Sarbunis, Bangun, Mas Anto, Didik, Sutrisno, Ismail, Yuni, Nely, Mbak Hadi, Mbak Syifa’, Azizi, Mas Ayun dan istri (–anita–), Triawan, Mbak Ulfa, Esy, Dewi yang sejak semester V selalu duduk di depanku saat ujian tp sekarang udah enggak bisa lagi, Neng Siwi, Siwi juga, dan teman-teman TIF 2006 lainnya yang tak bisa kusebut satu per satu yang sudah menjadi teman kuliahku selama ini.. Syukron katsir,, aku tunggu kelulusan kalian semua,,,

-> Kakak-kakakku TIF 2005 :
Mas Feta untuk kebersammannya saat tes TOEFL/TOAFL , bimbingannya, ceritanya, dan semua kebaikannya. Kakanda Rafi yang selalu memanggilku dengan ‘Cah Bagus’ haha,, great mas!! Lanjutkan!!! Mbak Inthan yang sudah rela berbagi skripsinya buat kujadikan daftar pustaka,, makasih mbak… Mbak Umi Atiqoh buat semangatnya saat skripsiku hampir mencapai 70 halaman…. Mbak Bahi’ yang sudah sedikit mau berdiskusi DFD pas KP…. Mas Iqbal………. Mas Ardi ‘Kasdu’ yang sudah mempercayakan DFD-ERD nya sama aku,,,,,,
Oh ada yang kelewat….spesial buat ustdz, senior, dan kakak angkatanku mas TeWe untuk supportnya, ilmunya, Fathul Qarib, dan qowaidul asassy-nya, smg berkah ilmunya mas..

-> Teman-teman TIF 2007, 2008, 2009 :
Habibi yang udah mau membantu mbak ayu’ membawa logistik,, thanks a lot Bi’ buat foto-fotonya, untuk semua bantuan, pinjaman buku, dan banyak lagi kebaikanmu buatku,,, smg Allah membalas kebaikanmu, maafkan segala khilafku…
Mbak Imah yang udah nggak mau dipanggil ‘mbak’ lagi buat segala kebaikannya,cerita-ceritanya, makasih yo dek (puas ya….hehe),,, tetap berjuang Selesaikan KP-nya!!!..lalu selesaikan skripsinya.. oh iyo,,, nitip Minhaj fii Qw. I’rob dijaga baik-baik ojo rusak, ojo ilang, ojo piye2 pokokne,,,
Hentarie yang udah tanya-tanya buat benerin KP-nya good luck yah,… Fahmi yang udah dateng d seminarku,, Robie yang menghilang, kemana dirimu??!,,,. Orang-orang Yang sudah datang pada hari munaqosyahku, meskipun kalian tak mendukungku : Barok, Setya Budi, Alfan, Nur Annisa,,,, ……makasih buat anak 2007 semuanya,,makasih buat yang sudah mendoakan saya.
Zahra,, terimakasih buat doa, dukungan, juga SEMANGATnya, terjemahan bahasa Sundanya, diskusinya, sharingnya tentang agama yang telah membuatku untuk belajar lagi, pertanyaan dan persoalan tentang hidup yang mendewasakan, buat ‘bukan beras Cianjurnya’ yang sudah dibawakan ,hehe, makasih juga buat motivasi dan penantian tulisannya semoga bermanfaat, semoga aku selalu termotivasi,,, aduh banyak,,,,, oh iya,SELAMAT untuk keterimanya yang berbarengan ditunggu hasil karyanya,,,,buruan KP dan segera lulus ya……….
Al Musthafa ‘pesaingku’ satu kelas sejak tahun 2008,,thanks buat ‘keep spirit’nya yang sudah disampaikan dan semangatnya pada hari-H,kau adalah orang pertama yang menemuiku d kampus, ayo cepat selesaikan semua tugas dengan baik gak usah ngeluh kalo ga ada yang bantuin,cuek ajah,,……
Cahyo untuk kerjasamanya pas praktikum, jangan telat mulu ah, g enak karo cah-cah sing wis ngenteni hehe,, untuk duplikasi kerjaan KP ku, Lanjutkan, buat info modemnya, thanks yooooo..
Semua mahasiswa yang pernah belajar bareng sama aku d lab,, mahasiswa praktikum Basis Data SP dan mahasiswa praktikum Basis Data 2009 yang semangatnya luarrrr biasaaa, dua praktikum yang paling berkesan buatku d tengah pengerjaan skripsiku; canda, dan semangat belajar kalian telah menular padaku.
Dan teman-teman TIF lainnya yang g bisa kusebutkan satu per satu.. Makasih buat semuanya.

-> Teman-temanku dari berbagai pihak :
Mas Ali Mustopa yang telah bersabar membimbingku selama skripsi, terimakasih mas,,,,,Khususon buat mbak Khusniyyatus Sa’adah yang tahan gossip dan mbak iLma perwakilan Prodi P.Mat sekaligus perwakilan santri putri Wahid Hasyim yang udah rela datang d seminar proposalku sampai rela mbolos,,,hehe mbolos apa g boleh masuk gara2 telat ya?!!! Akhi Wening P.Biologi untuk semangatnya,, ayo luluskan dirimu akh!! Teman-teman kos : Mas Wahid aku tunggu lulusmu mas, Azizi yang suka curhat, Reza, Mas Herman trims mas sudah mau menunggu munaqosyahku, Idris akhirnya kita lulussssss, Najib buat isian kuesionernya makasih ya, Kang Shilah, AnNas matur nuwun kagem sedoyo dukunganipun…. Mas Kukuh yang sudah menanyakan kelulusanku,, aduh mas makasih masih inget,, cepet cari jodoh mas….

-> Tak lupa untuk para dosen Teknik Informatika yang sungguh luar biasa
Karena beliau semua adalah orang-orang hebat yang telah membantuku selama perkuliahan.. Pak Agus pembimbing skripsiku yang selalu memberikan kemudahan buat saya, saran, masukan, serta bantuannya selama ini. Maksih Pak, semoga barokah.. Bu Maria Ulfa yang sudah dengan sabar memberikan bimbingan skripsiku, Pak Taufik untuk sarannya, makasih juga untuk membantu terjemahan abstraknya. Bu ‘Uyun dan Pak Imam untuk masukannya, Bu Ermatita untuk sarannya dan kritik DFD-ERD nya sehingga membuatku semakin paham, Pak Mustakim yang membuatku jadi sedikit lebih paham DFD-ERD, Pak Sumarsono, Pak Agung, Bu Ade, Pak Bambang Sugiyantoro, Pak Bambang Robi’in, Pak Nurochman.

-> Penghuni Lab TIF dan karyawan TU:
Mas Nawir, Mas Iqbal Lab, Mas Yusuf, dan semua para penghuni setia lab TIF,,,terimakasih atas bantuannya selama ini…Pak Joko makasih pak untuk kesabarannya…

-> Sahabat-sahabatku kelas Ulya 2009-2010 dan Ma’had ‘Aly 2010 yang telah banyak berbagi ilmu denganku selama d Pesantren;
Munir buat sms nya pas masuk ngaji, buat semangatnya, buat hafalannya yang membuatku terinspirasi,, kapan kita semaan lagi??!!……. Mubin buat curhatnya, jomblonya, guyonannya………dan semua rekanku d PP WeHa … Semoga Allah meberikan ilmu yang manfaat buat kita.
Tak lupa pula untuk para ustadz Madrasah Diniyah dan Ma’had ‘Aly Wahid Hasyim yang kami hormati yang selalu ikhlas dalam mengajarkan kami ilmu. Dan Ustadz Zaid dr Jamilurrahman yang tiada hentinya mengajak kami untuk berbuat kebaikan. Semoga Allah merahmati beliau semua, Amin. Mas Huda selaku MR-ku dari Wahdah Islamiyyah,, syukron mas buat doa dan semangatnya,, afwan saya belum siap atas tawarannya…

-> Teman-teman seperjuanganku TELADAN 2006,,
Pandu makasih bubernya nDu…. Nafis makasih untuk ceritanya d Stasiun Tugu. Kusriyanto yang telah berbagi dengan buka bersamanya, Dodik untuk dolannya ke kontrakanku makasih banyak traktirannya , …… Ahmad, Uday, Nur Shaleh, Jihad, Akram, Nia yang selalu inget ultah temennya… Nyit-Nyit buat sharingnya pas awal2 aku bikin skripsi, kalian adalah teman-teman yang tak tergantikan. Kakakku TELADAN 2005,,MaS Supi yang selalu hebohhhhh,,Mas Heru juga makasih semuanya.

Semua orang yang sudah memberikan motivasi, doa, dan menularkan semangatnya buatku. Terimakasih atas segala kebaikan dan bantuannya untukku.. Tanpa orang-orang hebat di sekelilingku aku bukanlah apa-apa…..
Terakhir aku memohon kemudahan, kebaikan, dan kelancaran dalam setiap jenjang kehidupan kita semua kepada Allah…

Duhai Allah aku memohon kemudahan bagi kami dalam menempuh jalan-jalan ilmu dan jadikanlah semua itu berada pada jalanMu… Ya Allah, berikanlah manfaat kepada kami dengan apa-apa yang Engkau ajarkan kepada kami, dan ajarkanlah kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami dan tambahkanlah ilmu kepada kami, Ya Allah, kami berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusu’, nafsu yang tidak pernah puas, dan do’a yang tidak dikabulkan..amin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s