The 2nd edition of Scripting Tresno Jalaran Kulino (Strategi Berjuang versi Mahasiswa Teknik Informatika Jilid 2)


Friend, setelah mencermati dan mempraktekkan 3 strategi pada jilid 1, kali ini kita mencoba menggali jurus-jurus ampuh mahasiswa saat kerja praktek alias KP dan saat pengerjaan scripting eh skripsi.. hehe… Sebelumnya izinkan saya mengucapkan terima kasih buat dua orang sahabatku Sunu, Rifqi, Riyan, Ali, dan Nuurdien untuk ide tulisan ini yang disampaikan waktu halaqah. Terimakasih juga buat Fikri yang sudah menanyakan tips2 buat mahasiswa yang sedang scripting eh skripsi sehingga membuatku untuk segera menuliskannya.. Simak baik-baik strategi berjuang yang berasal dari ide-ide sahabat-sahabat halaqah al-Hikam pada Kamis malam tanggal 18 November 2010 yang akhirnya tertuang dalam tulisanku kali ini,,, To the point aja ya… Kita mulai dari jurus pertama :

1. Niat
Friend, mungkin di beberapa tulisan saya selalu diawali dengan yang namanya niat… Kenapa niat?? Niat adalah pondasi dari segala aktivitas kita. Terutama sebagai seorang muslim yang hendaknya selalu mengikhlaskan niat kita hanya karena mengharap ridho Allah subhanahu wa ta’ala. Dengan niat yang benar insya Allah semua langkah kita akan dimudahkan. Tentang urgensi niat, bisa dilihat syarah Arba’in karangan Imam Nawawi oleh Syaikh ‘Utsaimin atau Ibnu Daqiq al-‘Ied,, baca ya,, biar tambah kaya,, kalo nggak punya bukunya bisa pinjem ke saya,, hehe..

2. Fokus
Salah satu kunci dari pekerjaan yang sukses adalah fokus. Yap, dengan fokus insya Allah semua akan berjalan dengan lebih efektif dan hasil yang didapat akan lebih maksimal. Fokus dengan pekerjaan kita akan lebih memudahkan kita dalam mengatur ritme bekerja dan menata pikiran kita. Tinggalkan aktivitas-aktivitas nggak penting selain KP/skripsi dan yang penting-penting. Berusahalah untuk selalu bisa memprioritaskan hal-hal yang harus dikerjakan sekarang dan mana saja pekerjaan yang kurang penting untuk dikerjakan saat ini. Berbeda dengan bekerja multitasking alias nyambi-nyambi. Bekerja multitasking bisa membuat pikiran kita terpecah dan bingung dalam mengatur ritme bekerja.

3. Jangan di ‘PAUSE’ terlalu lama
Friend, terkadang kita jenuh saat mengerjakan kerjaan KP atau skripsi kita sehingga kita perlu yang namanya istirahat alias mem’PAUSE’ pekerjaan kita. Carilah sesuatu yang bisa membunuh kebosanan dengan membaca buku-buku ringan, jalan-jalan, olahraga, dan masih banyak lagi. Eiiiitttt,, tapi ingat!! Semua aktivitas pembunuh kebosanan kita dilakukan seperlunya saja, jangan terlalu berlebihan. Karena dengan terlalu lama berhenti mengerjakan KP/skripsi semisal satu atau dua minggu malah akan menghambat kinerja kita. Berhenti mengerjakan KP/skripsi terlalu lama itu bisa membuat kita malas untuk memulainya lagi. Parahnya terkadang kita malah lupa mau mengerjakan apa saat sudah di depan komputer. Atau bisa juga kita bingung mau mulai mengerjakan dari mana, mau memperbaiki error yang sebelah mana, dan masih banyak lagi. Nah lo!!! Muali dari sekarang jangan deh lama-lama berhenti… jadi ingat Kata sahabatku Sunu yang intinya begini, “Kalo kerjaan KP kita tertunda, maka skripsi kita akan tertunda, lulus kita akan tertunda, kerja tertunda, dan NIKAH tertunda”. Aduh,,, na’uzhubillah,, enggak banget deh kalo sampe nikah tertunda,, hehe,,,kan udah siap!! Loh??!!!

4. Cari partner
Strategi berikutnya adalah cari partner untuk belajar. Dengan berpartner, insya Allah kita akan merasa lebih ringan dan lebih mudah dalam mengerjakan KP/skripsi kita. Ingat semboyannya LIVERPOOL -> “YOU’LL NEVER WALK ALONE”!!! Carilah teman atau orang-orang yang bisa kita ajak diskusi, berbagi, dan memberikan jalan keluar tentang masalah KP/skripsi yang sedang kita kerjakan. Asal jangan cari orang buat ngerjakan KP/skripsi kita terus kita malah enak-enakan diem aja, penipuan, pembodohan, dan pencorengan nama baik itu tentunya. Parahnya, bisa dibantai nanti pas ujian gara-gara kita nggak ngerti apa-apa. Prinsipnya, jelek-jelek yang penting hasil usaha dan keringat sendiri meskipun sebenernya emang jelek ya kita PeDe aja,,, toh semua dibangun di atas kejujuran,, ya kan??!!

Oke friend, semoga 4 jurus di atas bisa sedikit membantu kita,… Terakhir jangan lupa nih buat selalu berdoa memohon kemudahan, petunjuk, dan pertolongan dati Allah. Sebuah ikhtiar akan tak berharga saat doa tak menyertainya. Dan ingat juga bahwa doa bisa mengubah takdir kita. Semangat friend buat UTS, KP, Skripsinya ya. Semoga Allah memudahkan jalan kita semua. Amin!!!

Advertisements

3 thoughts on “The 2nd edition of Scripting Tresno Jalaran Kulino (Strategi Berjuang versi Mahasiswa Teknik Informatika Jilid 2)

    • ok Nu,, yang mana tapi,, km kasih alamat yang bener dong,,hehe..
      tentang partner km lebih tau siapa yang pas dan cocok buat kamu sendiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s