Burn Your Spirit up!!! Sepuluh Strategi Agar Semangat Tak Layu


Friend, tulisan ini bermula dari pengalaman pribadi dimana saya sering sekali menemui teman atau orang yang pada mulanya mempunyai semangat yang sangat luar biasa dalam menjalani hidupnya. Akan tetapi lambat laun semangat itu pudar seiring dengan berjalannya waktu. Atas permintaan dari seorang sahabat akhirnya saya berusaha membuat sebuah tulisan tentang gimana sih biar hidup ini selalu semangat, trus apa aja ya tips2 agar semangat kita tak mudah kendor??!!

Friend, sebagai manusia tentu kita selalu menginginkan dimana kondisi kita selalu dalam keadaan semangat dalam menjalani hidup kita. Nah, kali ini saya mencoba menguraikan beberapa kunci dalam menjaga semangat kita dalam beraktivitas. Mungkin bagi sebagian orang tips2 yang ditawarkan standar banget, atau udah banyak yang tau. Tapi mungkin juga dengan mencobanya beneran bisa nambah spirit. Mmmmm, apa salahnya mencoba, ya nggak firiend??!! Oke deh, simak baik-baik ya , semoga bermafaat.

1. Awali dengan niat
Friend, niat itu adalah kunci dari semangat kita. Dengan niat yang benar, ikhlas, dan lurus insya Allah kita akan selalu termotivasi dalam beraktivitas. Niat adalah tujuan dan pondasi dari segala aktivitas kita. Tanpa niat semuanya akan hampa dan sia-sia betul kan??!!

2. Berpikirlah positif
Berpikir positif itu sangat mempengaruhi alam bawah sadar kita. Dengan berpikir positif insya Allah semangat kita akan terus terjaga karena kita yakin bahwa kita akan sukses dalam melakukan suatu hal. Coba deh pas hari H ujian misalnya,, berdoa dan tersenyumlah setelah bangun tidur. Lihat ke cermin dan katakan pada diri kita kata SEMANGAT!!! SUKSES!!!! AKU BISA!!!! Lalu berpikirlah bahwa semua aktivitas kita akan berjalan sukses …

3. Mulailah dari hal kecil
Dalam beraktivitas ataupun melakukan sebuah kegiatan tentu kita tidak bisa sekali gus, ‘sak deg sak nyeg’, ataupun ‘mak mbedunduk’.. Semua butuh yang namanya proses, ya kan??!! Butuh hal-hal sepele dan sederhana untuk mencapai suatu hal yang besar. Nah, tentunya kita harus lihai untuk memulai sesuatu karena terkadang kita hanya memperhatikan perkara-perkara besar tanpa melihat hal-hal kecil yang tampaknya sepele. Mulailah untuk bisa tersenyum dan bertegur sapa dengan orang-orang di sekitar kita. Sadarkah kita bahwa senyuman kita kepada orang lain adalah wujud dari spirit dan energi positif kita? Energi yang kita berikan kepada orang lain nantinya juga akan kembali pada diri kita sendiri…insya Allah..

4. Kita tahu batas kemampuan diri kita sendiri
Friend, setiap orang tentu berbeda –beda kapasitas dan kemampuannya. Biar semangat kita terjaga nih, pastinya kita kudu ngerti sejauh mana sih kita bisa berbuat. Dengan begitu kita tidak akan mudah merasa jenuh atau bosan dalam menjalani aktivitas kita. Kita harus bisa kira-kira lah kalau mau melakukan sesuatu jangan yang penting tampak keren, hebat, atau apa lah tapi sebenernya kita tak mampu melakukannya. Untuk bisa melakukan hal-hal yang luar biasa tentu harus lewat proses yaitu dengan melakukan hal-hal ringan yang sesuai dengan porsi dan kemempuan kita, nah setelah bisa baru deh naik level. Analoginya, pas kita kelas 1 SD nggak langsung kan kita belajar akar kuadrat, atau bahkan integral??!! Bisa gila kita ya nggak??! Step by step lah insya Allah akan lebih tidak membosankan.

5. Sedikit tapi berharga
Iya, sedikit itu kadang lebih berharga. Kenapa??! Coba deh kita nih belajar buat ujian berjam-jam baca buku ini, buku itu, dan makalah ini, catatan itu… Ahhh, ribet, pusing, bingung, nggak dong lagi…hehe..santai.. Gini friend, biasakanlah melakukan segalanya dengan efektif. Coba deh cari saat-saat yang tepat bangkitkan mood kita terus belajar maksimal 30 menit aja dengan membaca point-point penting yang dimungkinkan keluar pas ujian. Ini, perlu keahlian juga dalam memprediksi soal ujian.. hehe. Tapi aku yakin dengan 30 menit yang berharga itu, kondisi semangat kita yang masih fresh, dan mood kita yang sedang membaik kita akan lebih mudah dalam menerima informasi yang kita baca… Gitu aja kok,, sederhana kan… Gak usah pake belajar lama-lama,, bikin stress, biar sebentar yang penting berkualitas..

6. Kontinyu, itu perlu
Sebuah aktivitas meskipun tampak sederhana tapi hal itu kita lakukan secara kontinyu akan lebih berharga daripada sebuah aktivitas yang besar tapi kita hanya sanggup melakukannya sekali saja. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun pernah mengabarkan bahwa Allah itu lebih menyukai perkara-perkara yang langgeng, istiqomah, kontinyu, meskipun sedikit. Nah dengan begitu kita tidak mudah bosan. Misal nih,, kita belum bisa rutin bangun shalat malam nah untuk mengantisipasinya dengan shalat witir sebelum tidur atau cobalah minimal seminggu sekali ada waktu untuk bisa bangun shalat malam. Menurutku sedikit ga masalah yang penting kesinambungannya. Dengan begitu insya Allah kita akan terbiasa dan karena biasa itu kita jadi semangat melakukannya… Coba saja!!

7. Prioritas itu penting
Friend, diantara kita mungkin sering mengalami kebingungan atau ketidakseimbangan dalam memanajemen aktivitas kita. Ada yang terlalu sibuk dengan hal-hal yang sebenarnya belum terlalu penting untuk dilakukan saat ini sehingga hal yang lebih utama ditinggalkan. Kekacauan dalam memprioritaskan aktivitas juga bisa mematikan semangat kita. Misalnya nih, kita itu bisa fokus belajar pada waktu malam hari setelah isya. Nah, gunakanlah waktu-waktu efektif belajar itu untuk belajar bukan malah nonton TV atau yang lainnya. Tapi ini bukan larangan secara mutlak karena seharusnya kita lebih tau bahwa kita nggak bakalan bisa belajar dengan paham selain waktu itu. Dengan begitu kita akan lebih santai saat menghadapi ujian nantinya, Cuma tinggal ngulang2 aja yang masih belum paham. Enak kan??!!

8. Carilah ‘musuh’ untuk bersaing
Friend, musuh di sini bukanlah musuh sungguhan. Musuh di sini maksudnya adalah orang yang bisa bersaing secara sehat dengan kita. Dalam kehidupan, persaingan antar individu adalah hal biasa. Dengan adanya persaingan, kita tentu akan selalu ingin untuk jadi yang terdepan. Kita tentu masih ingat bagaimana para shahabat seperti Abu Bakar dan Umar yang saling berlomba dalam hal kebaikan. Nah, dengan adanya persaingan maka hidup ini akan terasa lebih kompetitif dan lekat dengan nuansa SEMANGAT yang tinggi. Jadilah orang yang tak pernah mau kalah dalam hal kebaikan, namun tentunya dengan cara yang dibenarkan olah agama dan jangan pernah merasa bahwa kitalah orang yang paling hebat. Karena masih banyak di luar sana yang maih lebih hebat daripada kita.

9. Reward and punishment
Reward and punishmet alias hadiah dan hukuman. Yap,, friend, terkadang seseorang akan lebih bersemangat dalam mengerjakan sesuatu jika ia tahu bahwa ia akan mendapatkan hadiah dari hasil kerjanya. Di sisi lain terkadang orang akan takut untuk melanggar sesuatu karena ia tahu betapa berat hukuman yang akan dihadapinya jika melanggarnya. Friend, cobalah mulai dari sekarang kita berusaha untuk sesekali memberikan reward untuk diri kita dan menghukum diri kita namun masih dalam batas kewajaran tentunya. Tidak sampai berlebihan sehingga kita lalai dengan reward yang sudah didapat atau malah tersiksa karena hukuman yang kita dapat. Misalnya nih, cobalah berikan reward berupa coklat kesukaan kita setelah hasil ujian kita memuaskan. Untuk hukuman misalnya kita bisa menghukum diri dengan cara mentraktir makan teman kos selama satu minggu,,hehe. Dari situ kita bisa belajar untuk lebih bersemangat dalam menjalani sebuah pekerjaan saat kita tahu imbalan dan konsekuensi atas apa yang telah kita usahakan,,,coba saja kalu berani!!

10. Mereka adalah semangatmu
Tips terakhir.. Friend, carilah orang-orang, sahabat, teman, lingkungan yang bisa menjadi pemicu semangat kita. Secara tidak sadar merekalah sebenarnya yang sangat berperan dalam membangkitkan semangat kita setelah diri kita sendiri. Dengan teman, sahabat, atau orang di sekitar kita yang selalu bersemangat, secara tidak sadar mereka telah mengirimkan energi semangatnya untuk kita. Kebiasaan-kebiasaan teman yang selalu memberikan kata-kata SEMANGAT!! Atau SUKSES YA!! SPIRIT!! De el el ; bisa membangkitkan gairah kita dalam beraktivitas. Dengan begitu kita akan merasa ringn dalam menjalani aktivitas-aktivitas yang mungkin dirasa berat saat diajalani sendirian karena ada orang yang memotivasi kita….

Friend, semoga cara di atas bisa membangkitkan selera kita untuk selalu bersemangat dalam menjalani hari-hari ini. Tak ada manusia yang sempurnya, mohonlah selalu kepada Allah agar semangat ini tak layu, selalu hidup, dan langgeng selalu. Jadikanlah Allah sebagai penyemangat utama bagi diri kita, karena Dia lah sumber segala kekuatan dan semangat yang ada pada diri kita… Selamat Mencoba!!! And burn your spirit up!!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s