Scripting Tresno Jalaran Soko Kulino (Seni Berjuang, Versi Mahasiswa Teknik Informatika Jilid 1)


Friend, kali ini kita akan sedikit merenungi, mengamati, dan melihat lebih dekat tentang kisah perjalanan mahasiswa teknik informatika. Mmmm, tapi ini berdasar pandangan dan pengalaman pribadi saya. Okelah kalau begitu,, kita mulai!!!

Friend, kali ini kita akan sedikit merenungi, mengamati, dan melihat lebih dekat tentang kisah perjalanan mahasiswa teknik informatika. Mmmm, tapi ini berdasar pandangan dan pengalaman pribadi saya. Okelah kalau begitu,, kita mulai!!!

Friend, banyak dari kalangan mahasiswa informatika baru menyadari beberapa hal setelah berkuliah lebih dari 4 semester. Diantaranya ada sebagian mahasiswa yang baru sadar kalau ia cocok di bidang ini (baca:informatika) alias informatika itu gue banget. Ada juga yang merasa sebaliknya yaitu merasa tersesat di jalan yang benar (loh kok!!!), iya, awalnya salah jurusan tapi udah terlanjur masuk, mau keluar udah terlanjur bayar, tapi seneng kuliah di informatika. Ada juga yang baru tau kalau ternyata kemampuan programming-nya oke punya, sampai-sampai nih bisa menguasai semua bahasa pemrograman mulai dari Pascal, C, C++,C#, PHP, Java, Phyton, Pearl, ASP, dan masih banyak lagi meski cuma bikin “Hello World” !!! Haha,,, hebat kan!!! Yang penting kan menguasai banyak bahasa.. hehe.. Masih mending kan bisa coding ??!!!

Mungkin, ilustrasi di atas masih mending ya.. Coba deh kita lihat sisi lain. Mmmm, suatu saat ada salah seorang mahasiswa informatika yang mengeluhkan tentang sulitnya memahami pelajaran-pelajaran di perkuliahan. Terutama pelajaran tentang pemrograman dan yang ada kaitannya dengan matematika seperti KALKULUS, ALJABAR, RISET OPERASI de el el. Untuk pemrograman emang sih banyak dikeluhkan oleh mahasiswa terutama perempuan. Sebagian dari mereka beralasan bahwa logika pemrograman itu sulit banget, butuh konsentrasi, dan scripting itu susah karena mesti ngapalin banyak code, dan masih banyak lagi alasan. Tapi untuk yang tentang matematika nih,, ampun deh nggak laki nggak perempuan sama aja. Banyak yang bilang suliiiiiittnyaaaa minta ampun terutama KALKULUS!!! Ihhh, ngeri, sampe bikin mual, pusing, kembung, dan gejala-gejala masuk angin lainnya (–lebay tenan–)!!

Nah, dari dua model fenomena mahasiswa informatika di atas kira-kira kalian masuk mana ya??!! Silahkan berfikir……
Udah mikirnya?? Lanjut kalau begitu. Friend, di sini saya sedikit membahas tentang gimana sih bisa survive dan sukses jadi mahasiswa informatika selama masa perkuliahan. Mmmmm,, ukuran sukses di sini saya fokuskan pada nilai IPK, kemapuan coding, dan kemampuan memahami materi perkuliahan secara umum baik kuliah dengan corak informatika maupun lainnya. Untuk sukses dapet pasangan gak saya bahas di sini…. Hehe… Nah kita mulai ya gimana sih biar kita bisa bertahan hidup dan bernapas di dunia kuliah informatika. Simak baik-baik ya!!

1. Strategi pertama, PAKE PEPATAH ORANG JAWA

Sebagian kita mungkin berfikir mahasiswa informatika itu sangat identik dengan namanya coding atau scripting… Sulit memang buat jelasinnya. Soalnya terlampau abstrak buat menjelaskan tentang itu. Intinya, jangan deh sekali-kali meremehkan yang namanya coding alias scripting. Kenapa? Karena scripting tuh modal dasar buat kita-kita nih mahasiswa informatika untuk bisa bertahan hidup di dunia perkuliahan, praktikum, KP, dan Tugas Akhir. Tanpa itu, insya Allah deh saya jamin ujian bakal sibuk cari contekan, trus praktikum Cuma co-pas dari kelas sebelah, KP minta bantuan dibuatin temen, and tugas akhir bingung mo ngapain.. Nah lo!!!???!!!! Saya nggak nyindir loh, buat yang ngerasa jangan kecil hati, semua ada jalan kalo ada niat dan semangat!!

Prinsip saya simple aja,, pake prinsip “CINTA” dari orang Jawa yaitu “Scripting Tresno Jalaran Soko Kulino”. Sederhana dan mudah dipraktekkan. Sering-seringlah bertemu dengan bahasa pemrograman. Mulailah dari bahasa yang mudah seperti Pascal atau apa aja lah yang sesuai dengan karakter kita. Terus latihan deh mulai dari bikin “Hello World” sampai ke level berikutnya. Pelan-pelan aja yang penting paham. Trus kalo masi bingung, jangan malu deh buat tanya temen, atau orang yang kira-kira lebih menguasai. Gitu aja sih, intinya sering-sering aja ketemu dengan bahasa pemrograman yang kita sukai insya Allah bakalan dimudahkan kalo sungguh-sungguh.

2. Strategi kedua, HARAM HUKUMNYA mengulang pelajaran yang MENGERIKAN!!!!
Apa tuh maksudnya??!! Gini friend,, kita mesti tau nih strategi jitu buat dapet IPK tinggi. Salah satunya adalah menghindari untuk dapet nilai jelek di mata kuliah yang mengerikan seperti : KALKULUS, RISET OPERASI, dan mata kuliah yang mengerikan lainnya yang bisa bikin rambut ini minta di-rebounding karena pusing!!! Jadi sugestikan diri untuk bisa dapet nilai minimal B- pada matakuliah yang bikin stress, karena stress cukup sekali aja jangan sampe deh ketemu lagi alias mendalaminya dengan mengulang matakuliah yang begituan.

3. Strategi ketiga,, MANFAATKAN MATA KULIAH “NGGAK PENTING” buat nambah IPK..

Hehe,, maaf ya pake kata “nggak penting” bukan bermakzud meremehkan. Tapi, sebagian mahasiswa meremehkan sih jadi ya apa mau dikata… Gini loh, maksud saya itu mata kuliah yang nggak ada hubungannya sama informatika secara langsung misalnya mata kuliah yang berhubungan dengan agama, terus yang umum-umum gitu kita wajib dapet nilai A atau minimal A/B lah. Nah, ketika orang lain lengah di nilai mata kuliah itu, nah kita bisa fokuskan untuk menutup kekurangan IPK kita. Gampang kan!!! Hehe

Untuk strategi berikutnya, silahkan tunggu di episode berikutnya, Insya Allah.. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi motivasi buat kita semua. Amin.. SEMANGAT FRIEND!!!

Advertisements

7 thoughts on “Scripting Tresno Jalaran Soko Kulino (Seni Berjuang, Versi Mahasiswa Teknik Informatika Jilid 1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s