Utamakan Semangat


“Semangat adalah makanan wajib bagi jiwa-jiwa yang lemah. Semangat adalah bara api yang akan selalu memanas kala angin menghampirinya. Kala itu, tak ada lagi keinginan untuk memadamkan api yang telah menyala. Semangat ibarat air hujan yang membasahi tanah tandus, yang memberikan kesegaran bagi rerumputan dan dedaunan. Semangat ialah irama indah dalam jiwa, yang selalu menghiasi hati dikala hati tergerak untuk mewujudkan cita-citanya.”

Wow,,,,Setelah membaca beberapa kalimat di atas muncul pertanyaan di benakku. Friend, sudahkah kita memiliki semangat yang menyala-nyala??!! Semangat yang bisa memberikan energi positif bagi semua sisi kehidupan kita. Tanpa semangat jiwa ini mati, bagaikan tanah tandus yang kering yang tak ada sedikitpun aroma kesuburan diatasnya. Bukankah kita semua terlahir dengan sebuah semangat??!! Maaf, bukan bermaksud porno, tapi bukankah kita adalah “Sang Juara” dari sekian banyak sel sperma yang bertempur untuk bisa menembus sel telur dari sang ibu. Kalau begitu, kenapa kita masih tak bersemangat dalam hidup ini?!! Kita masih saja asyik dengan perkara-perkara yang menyenangkan namun melenakan dan melalaikan. Kenapa kita masih saja bermalas-malasan dalam meraih mimpi kita?! Ingat hidup di dunia hanya sekali. So, gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya karena ia tak datang dua kali.

Sadarkah kita, bahwa kita terlalu sering mengeluh, malas, dan mengumbar kelesuan pada diri kita sendiri. Terkadang kita mengeluhkan betapa banyaknya tugas kuliah kita dan yang lebih parah lagi adalah malas untuk mengerjakannya. Atau terkadang pula kita malas untuk mencoba hal-hal baru yang sekiranya bermanfaat bagi kita. Terkadang kita mengeluhkan betapa sulitnya hidup ini, namun kita hanya diam saja dan terus menerus hanya menunggu keajaiban. Apakah masalah akan selesai begitu saja ?? Tidak wahaiFriend!!! Banyak di sekitar kita peluang, keuntungan, dan berjuta kesempatan tapi kenapa kita masih enggan menghampirinya??!!! Dalam sebuah buku, ‘Aidh Al Qarni mengatakan, “Semangat adalah hati yang penuh gairah, jiwa yang penuh rindu, dan cita-cita yang tinggi. Ia mampu membawa pemiliknya mengembara walaupun dia sedang tinggal di rumah, dan membawanya berjalan-jalan walaupun ia sedang diam.”

Mulai sekarang, mari bangkitkan semangat, kencangkan ikat pinggang, bulatkan tekad, dan siapkan mental kita karena kesuksesan ada di depan mata. Ingat 3M yang pertama : menguras , menutup, dan mengubur.. Loh kok??!! Iya, baca penjelasannya di bawah ini :

1. Menguras

Menguras habis semua kebiasaan buruk yang masih saja meliputi aktivitas kita seperti terlalu banyak main game, ngelamun sambil yang gak penting, nongkrong bareng temen, nongkrong kelamaan di depan TV, menunda-nunda pekerjaan, kebanyakan tidur, ngegosip gak penting, dan semua yang gak penting-penting itu kudu dikuras. Karena semua itu hanya akan jadi penyakit buat hati dan kehidupan kita. Setuju ya??!!

2. Menutup

Menutup segala sesuatu yang bisa membuat jiwa kita patah semangat. Hindari terlalu sering berinteraksi dengan lingkungan, teman, dan tontonan yang gak ada kaitannya sama sekali dengan tujuan hidup kita. Carilah lingkungan dan teman yang bisa memberikan semangat dan energi positif bagi aktivitas kita. Jauhilah orang-orang yang selalu mencela semangat kita dalam belajar, menuntut ilmu, dan dalam melakoni hal-hal positif lainnya.

3. Mengubur

Mengubur semua pikiran negatif yang ada di pikiran kita.Friend, pikiran positif sangat berpengaruh pada semangat kita dalam mengerjakan sesuatu. Pikiran-pikiran kita untuk gagal hanya akan semakin membuat kita sengsara. Ketakutan kita tentang suatu hal yang buruk memang manusiawi, tapi sampai kapan kita akan selalu diselimuti rasa takut??!! Buanglah jauh-jauh pikiran negatif dan rasa takut gagal. Ingatlah, bahwa ada Allah yang menjamin hidup kita!!

Setelah 3M yang pertama, mari berlanjut pada 3M kedua yang kudapat dari ceramah Aa’ Gym, yaitu :

1. Mulai dari diri sendiri
2. Mulai dari hal kecil
3. Mulai dari sekarang

Nah, tak ada alasan lagi bagi kita untuk terus berkubang dalam kemalasan. Karena dunia ini sangatlah tidak bersahabat dengan para pemalas. Allah dan Rasul-Nya pun tak suka dengan para pemalas. Rancanglah masa depan kita dengan pena emas, tuliskan target-target kita di buku harian lalu pikirkan bagaimana cara meraihnya. Pikirkan kembali apa cita-cita kita, lalu bersungguh-sungguhlah dalam menggapainya. Mulailah dari diri sendiri untuk melakukan hal-hal baik yang mendukung impian kita. Mulailah dari melakukan hal-hal yang kita anggap kecil dan sederhana namun bermanfaat. Dan lakuaknlah mulai dari sekarang. Ingat bahwa hari ini tak akan pernah terulang kembali, hari kemarin tak akan pernah dating lagi, dan esok tak akan pernah ada tanpa adanya hari ini.

Ibnu Qayyim pernah mengatakan bahwa, “Cita-cita yang tinggi hanya bisa diraih dengan himmah ‘aliyyah (motivasi yang tinggi) dan niyyah shahihah (niat yang benar).” Oleh karena itu, milikilah motivasi untuk hidup sukses, ubahlah semua pola pikir negatif kita tentang kesulitan dan kegagalan hidup. Kita adalah arsitek bagi masa depan kita. Insya Allah, Allah pasti memberikan apa yang kita harapkan selagi kita senantiasa meluruskan niat dan tujuan kita. Selama kita masih selalu memotivasi diri kita untuk bisa hidup lebih baik Allah pasti memberikan apa yang kita inginkan. Ingat friend, janji Allah itu pasti.

Penuhilah hari-hari kita dengan berpikir positif, semangat yang menggelora, dan motivasi yang tinggi. Isilah hari-hari kita dengan sesuatu yang bisa mendukung mimpi kita. Friend, Allah Maha Tahu apa yang kita usahakan. Allah pasti memberikan akhir yang indah bagi para pekerja keras yang seantiasa bersemangat dalam hidupnya. Niatkanlah semua aktivitas positif kita hanya untuk meraih ridho-Nya. Jalanilah semuanya dengan penuh semangat, ikhlas, rasa optimis, dan hati yang lapang. Semoga Allah memudahkan langkah kita!! UTAMAKAN SEMANGAT FRIEND!!! 🙂

Advertisements

5 thoughts on “Utamakan Semangat

  1. analogi yang bagus, gue suka gaya loe,,, hahahah,,,,

    sip, sip petuahnya,,, semoga bermanfaat bagi para pembaca,
    oia han, promosikan juga blogmu di facebook han, dan tentunya banyak-banyaklah berbagi semangat dan ilmu dengan blog ini,,,

    semoga barokah tulisanmu

  2. Oke-oke,,boelh kok,,, ….keep spirit aja deh,, setiap orang butuh proses untuk menjalani hidup yg lebih baik.. oya,,, aku kasih link ente ya, di tempetku ,, salam kenal sebelumnya,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s