Just Allah


Tak akan pernah ada yang tahu tentang masa depan kita. Hidup ini memang penuh pertanyaan, misteri, dan hal-hal yang tak terduga. Tak akan pernah seorang pun yang tahu kapan ia akan mati, siapa jodohnya, dan bagaimana rizqinya. Namun, semua itu telah diatur oleh Allah ‘azza wa jalla dalam megaserver-Nya alias lauhul mahfuzh. Manusia itu lemah, bahkan sangat lemah dan tak berdaya.

Sesungguhnya hanya kepada Allah sajalah manusia itu menggantungkan segala harap dan hidupnya sehingga manusia bisa tenang dalam menjalani setiap fase kehidupannya.
Allah berfirman dalam QS. Al Ikhlas ayat 2 : “Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.”
Akan tetapi banyak diantara manusia lupa bahwa ada yang mengatur segala hal dalam hidupnya. Ada Dzat Yang Maha Kuasa yang menentukan segala nasib baik dan buruknya yang wajib untuk disembah dan hanya Allah sajalah tempat mengadu dan tempat meminta pertolongan.
“Hanya kepada Engkaulah kamu menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan” (QS. Al Fatihah : 5)
Ibnu Katsir menjelaskan ayat terebut seperti ini :
Iyyaka merupakan objek yang didahulukan untuk tujuan pembatasan, supaya tujuan pembicara terfokus pada apa yang hendak diutarakan. “Hanya kepada Engkaulah kami beribadah,”yakni kami tidak beribadah kecuali kepda Mu dan kami tidak berserah diri kecuali kepada-Mu, dan ini merupakan kesempurnaan ketaatan. Secara lughawi, ibadah berarti ‘ketundukan’. Dikatakan “jalan diratakan” dan “unta dijinakkan”, yakni dihinakan. Ibadah menurut syara’ ialah suatu hal yang menyatukan kesempurnaan kecintaan, ketundukan dan ketakutan. Sebagian ulama salaf mengatakan bahwa al Fatihah merupakan rahasia al Quran, dan rahasia Al Fatihah adalah ayat “hanya kepada Engkaulah kami beribadah dan hanya kepada Engkaulah kami memohon pertolongan”. Penggalan pertama, yaitu “hanya kepada Engkaulah kami beribadah”, merupakan penyucian dari kemusyrikan. Dan yang kedua, “hanya kepada Engkaulah kami memohon pertolongan”, merupakan penyucian dari upaya, usaha dan kekuatan, lalu menyerahkan segalanya kepada Allah Yang Maha Mulia lagi Maha Agung.

Sungguh, betapa indah kalamullah dalam surat itu yang mendahulukan antara kewajiban yaitu ibadah kepada Allah dan melanjutkannya dengan ungkapan permintaan tolong kepadaNya. Hal itu menunjukkan bahwa kita sebagai manusia hendaklah mengerti hak-hak Allah dan kewajiban yang mesti dilakukan sebelum memohon pertolongan kepada Allah. Dengan begitu, hati manusia akan merasa rendah, tunduk, takut, dan khusyu’ tatkala menghadap kepada Rabbnya karena betapa banyak nikmat yang telah Allah berikan padanya namun betapa banyak pula manusia itu berbuat dosa dan ingkar padaNya. Dengan ketundukkan hati dalam memohon kepada Allah, niscaya Allah akan menerima segala permohonannya. Ingatlah bahwa Allah tak pernah menyelisihi janjiNya. Allah akan menjawab segala doa hambanya selagi sang hamba mau tunduk dan benar-benar dalam ketaatan padaNya.

Oleh karena itu, kenapa kita harus khawatir dengan hal-hal yang belum terjadi, hal-hal ghaib yang masih Allah simpan dalam lauh mahfuzh yang mana kita tak akan pernah tau sebelumnya. Sebagai manusia kita hanya bisa memohon, berharap, optimis, dan berserah diri pada Allah atas takdir yang akan kita hadapi. Masa depan, sebuah masa dimana kita tak akan pernah tau apa yang hendak terjadi sehingga hendaknya kita senantiasa melanggengkan ketaatan, mempersiapkan diri, dan selalu melakukan yang terbaik dengan tawakkal untuk kehidupan yang lebih baik. So, apa yang mau kita khawatirkan ada Allah tempat bersandar, tempat memohon, dan tempat mengadu segalanya, dan semuanya sudah diatur jelas oleh Allah!!!! Optimislah Kawan!!

Advertisements

One thought on “Just Allah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s